PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Infrasruktur Pertanian Di Kukar

Kemasyarakatan    6 tahun yang lalu   
   1214 Kali

Sumber Foto: Wabup Ghufron Yusuf turun ke sawah untuk menanam bibit padi di lahan Desa Tanjung Harapan Sebulu.(joe)

TENGGARONG – Infrastruktur pertanian khususnya Jalan Usaha Tani merupakan satu dari banyak komponen dalam subsistem hulu yang diharapkan dapat mendukung subsistem lainnya seperti pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.  Di Kutai Kartanegara subsistem ini belum maksimal kendati daerah ini ditetapkan sebagai satu mata rantai suksesnya swasembada pangan di Provinsi Kaltim.

Sedikitnya ada 3 maksud perlunya pembangunan  Jalan Usaha Tani pertama mempercepat pengiriman sarana pendukung usaha tani seperti alat mesin pertanian mencapai lahan pertanian. Kedua mempercepat pegangkutan produk pertanian menuju pemasaran maupun pengolahan dan terakhir adalah mengurangi biaya transportasi sebagai komponen biaya usaha tani. Berpegang pada 3 maksud itu wajar jika jalan usaha tani banyak dikeluhkan petani di Kukar saat ini.

Karena banyak lokasi pertanian andalan di Kukar tidak didukung penyediaan infrastruktur yang memadai. Jika ada itupun dibuat secara swadaya masyarakat. Padahal Kukar merupakan kabupaten yang berpredikat sebagi sentra produksi  pangan terpenting di Provinsi Kaltim.  Keluhan jalan usaha tani disampaikan Kepala Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebulu Harun saat ditemui dalam acara pencanangan tanam padi yang dipimpin Wabup Ghufron Yusuf Sabtu (24/1) lalu mengatakan hamparan potensial lahan pertanian yang ada di desanya seluas 100 hektar lebih namun tidak dapat maksimal diusahakan karena  tidak didukung akses jalan usaha tani yang memadai. Jika akses beres maka upaya percetakan sawah dapat dilakukan warganya yang sebagian besar petani.

Sementara  Wakil Bupati  Kukar Ghufron Yusuf mengakui jika jalan usaha tani merupakan piroritas untuk dientaskan. Setiap tahun  menurutnya infrastruktur pertanian selalu dianggarkan. Namun lagi lagi dihadapkan  luasnya wilayah serta  tingginya permintaan jalan usaha tani oleh kelompok tani yang ada di setiap kecamatan. Maka upaya mewujudkan infrastruktur pertanian seolah olah nampak berjalan lamban bahkan stagnan. Karena pembangunan infrastruktur di Kukar juga harus terkait dengan membuat  akses jalan antar desa antar kecamatan serta akses jalan menuju ibukota provinsi. 

Ghufron berharap agar petani bersabar karena Pemkab Kukar secara bertahap dan pasti akan membangun infrastruktur yang diharapkan petani. Sebab tersedianya dengan akses jalan yang baik maka gerak dan laju pembangunan terutama subsektor tanaman pangan akan berdampak pada kesejahteran warga.(hms-di01) 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini25 pengunjung
Minggu Ini1.041 pengunjung
Bulan Ini4.726 pengunjung
Total Pengunjung75.318 pengunjung
Total Klik1.977.820 Kali