PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Jangan Tunda Bikin Akta Kelahiran

Kemasyarakatan    9 tahun yang lalu   
   891 Kali

Sumber Foto: PELAYANAN : Sejumlah warga Desa Tukung Ritan Tabang antri mengikuti sidang penetapan akta kelahiran sebelum lama ini di Lamin Bioq. ( Foto Hasis Husain/HMP23).

TABANG - Sidang  jemput bola  penetapan akta kelahiran yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara  (Kukar) bekerjasama dengan Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong belum lama ini disambut antusias oleh warga Tabang, Kembang Janggut dan Kenohan .Sebanyak 533 orang berhasil dilayani masing-masing  468 warga Tabang, 39 Kembang Janggut dan Kenohan 29 orang.Kepala Disdukcapil Kukar Drs Getsmani Zeth MM   menjelaskan ,sidang penetapan akta kelahiran jemput bola yang berlangsung di wilayah Mahakam Ulu ini merupakan kelanjutan kegiatan sebelumnya yang berlangsung di wilayah pantai seperti  Muara Jawa, Sangasanga, Anggana dan Loa Janan. Hasil pelayanan sidang akta kelahiran wilayah mahakam ulu dan pantai sebanyak 1.379 orang (selengkapnya lihat grafis).

Menurut Getsmani kegiatan jemput bola penetapan akta kerlahiran ini  menerjunkan hakim dari PN Tenggarong yakni Imelda Herawati DP SH MH dan wakil panitera Hj Zaidar Rohaini SH serta staf Mudarissudin,S.Sos, Roulina Sidebang SH dan Santo Pius SH. Sementara dari DisdukcapilAbdul Kadir SH MSi , M Saleh dan beberapa staf operator.Dikatakan, tujuan sidang jemput  bola ke beberapa wilayah kecamatan ini bertujuan memberikan kemudahan bagi warga Kukar dalam mengurus penetapan kelahirannya khusus bagi yang berusia  satu tahun keatas yang selama ini pelaksanaannya berlangsung di PN Tenggarong. Masyarakat tak perlu lagi datang jauh-jauh ke Tenggarong untuk mengikuti sidang.

" Kegiatan ini sudah kita programkan sejak tahun 2012 lalu dan 2013 ini kegiatan terus dilanjutkan dengan menyasar kecamatan lainnya yang selama ini belum dilayani dengan target capaian semakin ditingkatkan  " terang Getsmani.Sidang penetapan akta kelahiran melalui PN ini sambung Getsmani merupakan amanah Undang-Undang No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan BAB V pasal 32 ( 1) yang berbunyi : pencatatan kelahiran  yang melampaui batas waktu 1 (satu) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan negeri. Untuk menghindari adanya sidang di PN  ia meminta kepada warga Kukar yang baru melahirkan anaknya agar segera mengurus akta kelahirannya di Disdukcapil. "  Jangan ditunda, begitu anaknya lahir segera urus akta kelahirannya " imbaunya.

Menyinggung adanya keluhan masyarakat tentang lambat dan lamanya mengurus akta kelahiran , Getsmani mengatakan saat ini telah dilakukan perbaikan manajemen sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengarah kepada pelayanan prima. Hingga hari ini Jumat (18/1) sudah selesai diproses 2.800 lembar akta kelahiran usulan periode Oktober hingga minggu I November 2012 dan siap diambil pemohon di Disdukcapil setiap hari jam kerja dengan membawa slip pengambilan. Akta yang masih dalam proses periode minggu II November hingga minggu I Januari 2013 sebanyak 200 lembar yang ditarget selesai awal Februari 2013.

Untuk konsultasi tentang akta kelahiran yang sudah selesai diproses dan siap diambil dapat menghubungi / SMS  melalui Seksi Informasi dan Publikasi Data Kependudukan Disdukcapil Kukar HP 08125827394 , email : hasis_hmp23@yahoo.co.id, hasishusain@gmail.com  dan website http ://capil.kutaikartanegarakab.go.id/  permintaan tulis nama anak ,nama orang tua dan asal daerah di menu informasi samping kanan halaman depan website.** hasis/HMP23


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini308 pengunjung
Minggu Ini4.373 pengunjung
Bulan Ini16.110 pengunjung
Total Pengunjung180.937 pengunjung
Total Klik5.415.863 Kali