PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

KKGC Akan Gelar Kontes Keindahan Ikan Guppy yang Pertama Kalinya, Upaya Populerkan Ke Masyarakat Kukar

Kemasyarakatan    3 bulan yang lalu   
Administrator    125 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Sebagai ajang silaturahmi pehoby dan para breeder (peternak) ikan Guppy (Poecilia reticulata) di Kutai Kartanegara (Kukar), komunitas pecinta Guppy hias Kukar yang tergabung dalam Kutai Kartanegara Guppy Community (KKGC) akan menggelar Latihan Bersama (Latber) Kontes Guppy se Kukar.

 

Ketua Panitia event tersebut Sandy mengatakan, selain ajang silaturahmi dan lebih mempopulerkan Guppy di masyarakat Kukar, Latber Kontes Guppy yang pertama kalinya akan digelar di KKGC tersebut, juga sebagai ajang pembelajaran tentang bagaimana Guppy kontes sesuai dengan Standar Guppy Nasional Indonesia (SGNI).

 

"SGNI merupakan acuan atau standar kontes Guppy di Indonesia, jadi Latber ini tentunya kita belajar bagaimana ikan Guppy yang bisa masuk kategori kontes, serta bagaimana cara mencetak atau merawat Guppy sehingga menjadi bagus," ujar Sandy didampingi Ketua KKGC Ridwan, Rabu (23/3).

 

Selain itu menurutnya, Latber tersebut dijadkan sebagai pembelajaran pihaknya untuk menyelenggarakan kontes Guppy dari skala regional.

 

"Disini kita belajar menyelenggarakan kontes, nanti kalau teman-teman sudah siap, kami berkeinginan menyelenggarakan kontes skala regional, dan jika sumberdaya memadai akan ditingkatkan jadi skala nasional," ujarnya.

 

Disebutnya, kegiatan KKGC juga bagian dari mendukung program Kukar Idaman, yakni pertanian dalam arti luas yang termasuk didalamnya usaha perikanan, serta ekonomi kreatif. 

 

Adapun terkait Latber Kontes Guppy KKGC tersebut, rencananya dijadwalkan pada April 2022. Dengan mempertandingkan 9 kategori, yakni Solid/Albino Solid, Tuxedo/Albino Tuxedo, Pattern/Albino Pattern, Juvenil Solid, Juvenil Tuxedo, Juvenil Pattern, Any Other Tail (AOT), Big Tail, serta Female Open.

 

Sedangkan jurinya adalah Ridwan (All Guppy Kukar), Hendro (Balikpapan), dan Rasyid (Ars Guppy Balikpapan).

 

Pemenang Latber Kontes Guppy KKGC ini akan mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan.

 

Untuk pendaftaran Rp 35 ribu per ikan. Selain itu panitia juga membuka pendaftaran bagi siapa saja yang ingin memasang logo faram atau usaha yang bersangkutan sebagai sponsor atau dukungan terhadap Latber ini.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia di nomor 0813 3960 8715 (Ridwan) FB; All Guppy Farm Tenggarong, dan 0812 5481 4256 (Sandy). 

 

Sementara, Abdi salah satu breeder Guppy di Tenggarong menyambut baik dengan diadakannya Latber Kontes Guppy tersebut. Baginya, Latber tersebut bagus untuk memacu breeder dan pehoby Guppy hias di Tenggarong dan sekitarnya untuk semangat mencetak Guppy unggulan.

 

"Ya bagus ini, jadi kita para pecinta Guppy bisa semangat sekaligus berbagi pengalaman untuk menghasilkan ikan yang bagus, serta dapat melihat langsung suasana kontes untuk pembelajaran. Saya harap per-guppy-an di Tenggarong dan Kukar umumnya semakin maju, karena dengan Latber Kontes ini menurut saya sekaligus memperkenalkan indahnya Guppy ke masyarakat," ujar pemilik FF Guppy Farm Tenggarong itu.

 

Guppy adalah salah satu ikan hias air tawar populer di dunia, yang biasanya sebagai peliharaan untuk Aquascape. Ikan berukuran kecil yang kadang disebut mirip dengan ikan cupang ini pada jantannya memiliki motif di tubuh, yaitu berupa bintik-bintik, garis-garis, atau motif tak beraturan dengan warna beragam. Beberapa jenis Guppy merupakan hasil budidaya dan persilangan sehingga memiliki sirip dan ekor berukuran besar, berkibar, dan motif sangat indah.

 

Ikan ini mudah berkembang biak dan menyesuaikan diri sehingga pemeliharaannya relatif tidak sulit. Beberapa peternak ikan pun menjadikan guppy sebagai komoditas budidaya. (Prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini347 pengunjung
Minggu Ini3.143 pengunjung
Bulan Ini13.252 pengunjung
Total Pengunjung196.879 pengunjung
Total Klik7.785.426 Kali