PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Konsumsi Makanan Bergizi untuk Hindari Gizi Buruk

Kemasyarakatan    9 tahun yang lalu   
   3496 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG – Gizi buruk adalah keadaan kekurangan energi dan protein tingkat berat akibat kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi atau  menderita sakit dalam waktu lama,  yang di tandai dengan status gizi sangat kurus.  Penyebab gizi buruk dikarenakan  balita tidak mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif atau sudah mendapat makanan selain ASI sebelum umur   6 bulan, kemudian balita di sapih sebelum umur   2 tahun, balita tidak mendapatkan makanan pendamping MP-ASI pada umur 6 bulan atau lebih , MP-ASI kurang & tidak bergizi , setelah umur   6 bulan balita jarang di susui , balita menderita sakit dalam waktu lama, kebersihan diri kurang dan lingkungan kotor.
Demikian dikatakan  Ida Nahriah, Amg Ahli gizi, staf  Puskesmas Loa Ipuh Tenggarong saat menyampaikan penyuluhan gizi dihadapan anak – anak pra sekolah ( PAUD ) se-Kecamatan Tenggarong,  para guru TK 4 ( empat ) kecamatan yaitu Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu dan Sebulu, serta jajaran pengurus DPC GOPTKI Kukar, belum lama ini.
Ida Nahriah juga mengatakan, ada dua  tipe gizi buruk yaitu maramus dan kwashiorkor . Tanda – tanda gizi buruk maramus yaitu  anak sangat kurus, wajah seperti orang tua,  cengeng dan rewel, rambut tipis, jarang dan kusam , kulit keriput,  tulang iga tampak jelas, pantat kendur dan keriput, serta  perutnya  cekung . Sedangkan tanda – tanda kwashiorkor  yaitu  wajah bulat dan sembab,  apatis,  cengeng dan rewel,  rambut tipis, warna rambut jagung, mudah  di cabut tanpa rasa sakit ,  kedua punggung  kaki bengkak  dan  bercak merah kehitaman di pantat.
Akibat gizi buruk  menyebabkan kematian bila tidak segera di tanggulangi, kurang cerdas, berat dan tinggi badan pada umur dewasa lebih rendah dari anak normal dan sering sakit infeksi.  Adapun makanan yang tidak boleh diberikan pada anak yang menderita gizi buruk  yaitu jajanan seperti es, kerupuk,permen dll, nasi, ketan, singkong atau ubi yg di goreng atau di rebus, goreng – gorengan, kol, daun singkong , masakan yang di beri cabai, merica, atau bumbu  yang merangsang, jelas Ida Nariah lebih lanjut (hmp 04).

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini48 pengunjung
Minggu Ini1.056 pengunjung
Bulan Ini4.624 pengunjung
Total Pengunjung74.905 pengunjung
Total Klik1.964.369 Kali