PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Koptan Milenial Desa Margahayu Manfaatkan Limbah Jerami Menjadi Pupuk Bokhasi

Kemasyarakatan    2 bulan yang lalu   
Administrator    291 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Pupuk bokashi merupakan salah satu inovasi yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan jerami dan arang sekam untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia, hal tersebut sebagai terobosan baru dalam pengelolaan lahan pertanian dengan menggunakan pupuk bokashi yang dilakukan Kelompok Tani Milenial Desa Margahayu Kecamatan Loa Kulu, Kamis (15/9). 

 

Wahyu yang merupakan duta petani milenial mengatakan bahwa pemilihan pupuk bokashi untuk lahan pertanian diharapkan dapat memperbaiki struktur tanah yang sebagian besar telah menjadi keras akibat penggunaan pupuk kimia terus-menerus dan bisa dipakai untuk pupuk dasar segala jenis tanaman.

 

“Saat ini kelompok tani milenial Desa Margahayu Kecamatan Loa Kulu mengunakan pupuk bokashi untuk pengembangan tanam jahe dan hortikultura,” ungkap Wahyu.

 

Menurut Wahyu, untuk produksi pupuk bokashi masih belum terlalu banyak berproduksi dan masih sesuai kapasitas lahan, karena kapasitas gudang hanya 1 ton per 4 bulan dan butuh waktu 4 bulan untuk fermentasi sampai pupuk bokasi siap pakai.

 

“Alhamdulilah sudah 2 tahun berjalan proses pembuatanya dan sudah lebih dari 8 ton yang telah diproduksi, masih belum banyak tetapi sudah bisa produksi untuk pemakaian sendiri dan beberapa Poktan lainnya, walaupun lebih murah dari pupuk biasanya tetapi kesulitanya adalah prosesnya yang memakan waktu lama ” terangnya.

 

Wahyu menjelaskan bahwa pupuk bokashi terbukti meningkatkan kesuburan serta produktivitas tanaman meski efek ini baru dapat dirasakan setelah bertahun-tahun penggunaan. Hal tersebut sangat wajar menurutnya, karena pupuk alami semacam bokashi biasanya memang mengandung unsur hara dalam dosis kecil namun lengkap unsur makro dan mikronya.

 

Dia berharap para petani terus melakukan inovasi dalam mengelola lahan sehingga dapat menghasilkan rumusan yang lebih baik lagi dalam pengembangan lahan pertanian dan juga bisa meningkatkan nilai perekonomian petani.(Prokom08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini274 pengunjung
Minggu Ini2.768 pengunjung
Bulan Ini10.530 pengunjung
Total Pengunjung255.753 pengunjung
Total Klik11.847.528 Kali