PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Latber Kontes Guppy KKGC Sukses Kumpulkan dan Edukasi Breeder

Kemasyarakatan    2 bulan yang lalu   
Administrator    140 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Latihan Bersama (Latber) Kontes Guppy yang digelar Kutai Kartanegara Guppy Community (KKGC), di jl A Yani Tenggarong pada Minggu (10/4) kemarin sukses mengumpulkan para breeder atau peternak ikan guppy hias yang ada di Tenggarong dan sekitarnya. 

 

Ada sembilan kategori yang dipertandingkan, yakni Solid/Albino Solid, Tuxedo/Albino Tuxedo, Pattern/Albino Pattern, Juvenil Solid, Juvenil Tuxedo, Juvenil Pattern, Any Other Tail (AOT), Big Tail, serta Female Open. Dewan jurinya adalah breeder senior Kukar, yakni Ridwan bersama Muhammad Hendro dan Rasidi dari IGPA Balikpapan.

 

Ketua Panitianya, Sandy Hidayat, menyebutkan event tersebut merupakan kontes ikan guppy pertama di Kukar. Tidak hanya diikuti oleh breeder Kota Raja Tenggarong, breeder asal Samarinda dan Balikpapan, hingga Kutai Barat. Total entry sebanyak 51 ikan pada event ini.  

 

Melihat antusias tersebut, Sandy merasa ikan spesies Poecilia reticulata akan menjadi ikan hias populer di Kukar. Diharapkannya semakin banyak peminat dan memunculkan breeder guppy baru, sehingga Kukar bisa menjadi pusat guppy berkualitas kedepannya. Selanjutnya mereka berharap dapat menggelar event yang lebih baik dengan skala yang lebih luas lagi. 

 

"Paling tidak regional Kalimantan, kami mohon dukungan seluruh pihak, baik dari para breeder dan pemerintah untuk bersama memajukan per-guppy-an di Kukar," harapnya.

 

Latber ini juga menjadi ajang edukasi bagaimana kontes ikan Guppy yang sesuai Standar Guppy Nasional Indonesia (SGNI). Serta bagian dukungan Program Kukar Idaman dalam bidang pertanian dalam arti luas termasuk usaha perikanan, bidang pariwisata, dan ekonomi kreatif.

 

"Alhamdulillah disini kita bisa berkumpul dan belajar dari para juri serta teman-teman breeder Guppy, bagaimana Guppy yang bisa masuk kategori kontes, serta bagaimana cara mencetak atau merawat Guppy sehingga menjadi bagus," ujar Sandy didampingi Juri even ini, Ridwan Nawir.

 

Pemenang Latber Kontes Guppy KKGC ini mendapatkan piala, sertifikat. Bagi juara I siberian doorprize berupa sepasang ikan Guppy berkualitas dari juri. Di kelas Solid/Albino Solid, Juara I dan II dimenangkan oleh KK Guppy, Juara III dimenangkan Mangga 1. Kelas Tuxedo/Albino Tuxedo, Juara I diraih Uzunk, Juara II FF Guppy, dan juara III KK Guppy. Kelas Pattern/Albino Pattern, Juara I dimenangkan FF Guppy, juara II Guppy Blue Hill, Juara III Curig. 

 

Di kelas Juvenil Solid, Juara I FF Guppy, Juara II Callteam Guppy, Juara III Biawan Snake Head. Kelas Juvenil Tuxedo, Juara I diperoleh Biawan Snake Head, Juara II Bee Guppy, Juara III Cendana Guppy. Kelas Juvenil Pattern, juara I Diperoleh BP Guppy, Juara II FF Guppy, Juara III Curig. 

 

Sementara pada kelas Any Other Tail (AOT), Juara I FF Guppy, Juara II Rays Guppy, Juara III BP Guppy. Di kelas Big Tail Open, Juara I BP Guppy, Juara II Py Guppy, Juara III Uzunk. Serta kelas Female Open, Juara I BP Guppy, Juara II Callteam Guppy, dan Juara III FF Guppy. (prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini340 pengunjung
Minggu Ini3.136 pengunjung
Bulan Ini13.245 pengunjung
Total Pengunjung196.872 pengunjung
Total Klik7.784.458 Kali