PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Lestarikan Budaya Bernafaskan Islam Dengan Festival Ramadhan

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   1061 Kali

Sumber Foto: Pemukulan gendang oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Didi Ramyadi di damping oleh Ketua Majelis Ta’lim Al-Humairroh Tenggarong Hj. Noor Aida serta Ketua DPD Lasqi Kukar dan juga perwakilan dari Dinas pariwisata Kukar H. Syahliyansyah tanda dimulainya Festival Ramadan 1434 H pada Sabtu(27/7) di Sekertariat Gerbang Raja Tenggarong.

TENGGARONG – Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memeriahkan Bulan suci Ramadan,  salah satunya dengan menggelar berbagai perlombaan bernuansa Islam yang dikemas dalam sebuah Festival Ramadan seperti  yang dilakukan El – Yassar Production bekerjasama dengan DPD Lasqi Kukar, Majelis Ta’lim Al-Humairroh Tenggarong serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar pada Sabtu (27/7) di Sekertariat Gerbang Raja Tenggarong. 

 

Festival Ramadan 1434 H yang di buka oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Didi Ramyadi menggelar Lomba Habsyi yang diikuti sekitar 10 orang peserta dan lomba menyanyikan lagu religi yang di ikuti 30 orang peserta.  Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Majelis Ta’lim Al-Humairroh Tenggarong Hj. Noor Aida serta Ketua DPD Lasqi Kukar dan juga perwakilan dari Dinas pariwisata Kukar H. Syahliyansyah. Dalam Sambutannya Staf Ahli Bidang Pembangunan Didi Ramyadi   mengatakan bahwa kegiatan positif seperti Festival Ramadan ini dapat menanamkan nilai-nilai keislaman kepada masyarakat.  

Namun hal yang lebih penting adalah bagaimana even-even tersebut mampu memberikan pengaruh yang signifikan dan berkepanjangan terhadap peserta maupun penonton dan juga masyarakat.  Artinya spirit atau nilai-nilai  Islam yang secara langsung atau tidak langsung disosialisasikan dalam festival ini. “Hal terpenting yang perlu digarisbawahi adalah bukan orientasi atau motivasi menjadi juara tetapi bagaimana nilai luhur yang diajarkan oleh Ajaran Islam  dapat diserap maknanya oleh masyarakat,”ungkapnya.

Didi juga berharap kegiatan positif seperti Festival Ramadan dapat berupaya membentuk generasi Islam yang lebih kuat dan kokoh di Kukar dan menjadi modal untuk membangun Kukar yang lebih maju, lebih sejahtera dan lebih berkeadilan sebagaimana cita-cita Gerbang raja. Selain itu Ketua DPD Lasqi Kukar dan juga perwakilan dari Dinas pariwisata Kukar H. Syahliyansyah mengatakan bahwa kegiatan Festival Ramadan ini merupakan salah satu agenda tahunan Lasqi dan tahun ini bekerja sama dengan berbagai pihak  termasuk Majelis Ta’lim Al-Humairroh Tenggarong dalam rangka  melestarikan seni budaya yang bernuansa Islam.

Ia juga berharap dengan diadakanya festival ini generasi muda makin mencintai budaya yang bernafaskan Islam. Saat ini anak-anak muda lebih tertarik dengan budaya-budaya luar  untuk itu Lasqi dan Majelis Ta’lim Al-Humairroh Tenggarong serta Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar berusaha melestarikan dan mengenalkan seni budaya terlebih lagi seni budaya yang bernafaskan Islam kepada generasi muda. (hmp06-lina)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini100 pengunjung
Minggu Ini1.283 pengunjung
Bulan Ini5.504 pengunjung
Total Pengunjung102.770 pengunjung
Total Klik2.708.966 Kali