PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Masjid Diwakafkan

Kemasyarakatan    5 tahun yang lalu   
   1229 Kali

Sumber Foto: Bangunan Masjid Al Magfirah yang berada di pinggir Jalan Gunung Jati Tenggarong.(joe)

TENGGARONG – Masjid Al Magfirah yang berada di Jalan Gunung Jati Kelurahan Melayu Tenggarong Kutai Kartanegara letaknya berada di lahan  berbukit. Masjid ini dibangun  tokoh warga setempat yang kemudian bangunan berikut lahannya  diwakafkan untuk kemaslahaan umat. 

Masjid Al Magfirah yang berada di   lahan  sekitar 1 hektar ini memiliki bangunan berkonstruksi beton dengan luas 80 x 80 meterpersegi mampu menampung jamaah  kurang lebih 1.500 umat.  Pemrakarsa sekaligus penyandang dana pembangunan masjid ini adalah Ir Haji Aji Raden  Ismet Hakim.

Beliau selain pernah menjabat sebagai  Kepala Dinas Pertanian Kaltim    di era  Gubernur Muis Hasan tahun 1960 an juga mantan pejabat Food and Agriculture Organization of the United Nations  (FAO UN)  yang berkantor pusat  di kota Roma Italia selama 20 tahun. Menurutnya tekad  menghibahkan  bangunan masjid berikut lahannya karena  memiliki kelebihan rejeki yang dilimpahkan tuhan  kepada dirinya. Disamping upaya meningkatkan  pembangunan iman dan taqwa umat.

Diharapkan kepeduliannya ini mampu mendorong  umat islam lainnya khususnya yang memiliki kemampuan ekonomi berlebih untuk berbuat hal yang sama dengan dirinya. Bagi umat terutama warga Tenggarong yang kebetulan melewati Jalan Gunung Jati dimana masjid ini  berada Ismet Hakim minta agar  bisa singgah sejenak  sekedar untuk melihat lihat kondisi bangunan masjid. Syukur syukur jika bisa memberi masukan atau berkesempatan  melaksanakan solat wajib dan  sunat di masjid ini.

Haji Aji Raden Ismet Hakim yang pernah menjadi Direktur Refresentatif  di puluhan negara anggota FAO kini bermukim tidak jauh dari Masjid yang dibangunnya. Sehari hari  dalam kehiduannya selain diisi dengan menikmati hari tuanya. Terkadang  jika dibutuhkan oleh Sultan Kutai Salehuddin II Ismet Hakim acap dimintai masukan  yang berkaitan dengan keberadaan Kesultanan Kutai Kartangara ing martadipura.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini87 pengunjung
Minggu Ini1.097 pengunjung
Bulan Ini4.648 pengunjung
Total Pengunjung75.049 pengunjung
Total Klik1.970.199 Kali