PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

MTQ Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Al-Quran

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   1925 Kali

Sumber Foto: Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kukar

TENGGARONG – Disetiap event penyelenggaraan MTQ, sudah sepatutnya kita senantiasa memperbaharui dan memantapkan niat, bahwa menyelenggarakan MTQ adalah dalam rangka ibadah kepada Allah SWT, sebab yang di musyabaqahkan adalah Kalam dan firman Allah SWT. Disamping memantapkan niat karena ibadah, kegiatan MTQ juga merupakan forum silaturahim antar kaum muslimin dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kukar yang memiliki tujuan untuk menumbuhkan kecintaan umat islam kepada Al-Quran serta melalui kegiatan ini pula kita dapat memadukan tiga kegiatan yang bernuansa seni, ilmu dan agama. Dengan seni membaca Al-Quran hidup menjadi syahdu dan tentram, dengan ilmu hidup menjadi bernilai dan bermakna. Demikian dikatakan Kepala kementerian Agama Kukar Bachrin ketika menyampaikan sambutannya pada malam penutupan kegiatan MTQ ke 35 Tingkat Kabupaten Kukar di Kecamatan Muara Muntai, minggu malam ( 17/3 ).
 
Bachrin juga menambahkan, melalui penyelenggaraan MTQ ke 35 Tahun 2013 ini, harus mampu mewujudkan tujuan semula yaitu sebagai suatu wahana menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup, petunjuk dan menjadi inspirasi sekaligus motivasi untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan mulia. Dengan demikian ada dua hal penting yang harus selalu diupayakan oleh lembaga keagamaan. Lembaga yang berkonsentrasi di bidang Al-Quran, yaitu lembaga pengembangan tilawatil Qur’an ( LPTQ ) maupun kita semua. Dua hal tersebut adalah pertama : bagaimana menumbuhkan kecintaan umat kepada Al-Quran sehingga semakin banyak orang yang membaca, menghafal, memahami dan menjadikan  Al-Quran sebagai tuntunan mutlak dalam kehidupan keagamaannya. Kedua : bagaimana nilai – nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an itu, betul – betul dihayati dan diamalkan oleh seluruh umat Islam, sehingga mempunyai arti dan dampak nyata dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.
 
” Kita semua tentu memiliki harapan besar, Alhamdulillah penyelenggaraan MTQ tahun ini dapat berjalan lancar dan succes dan dapat diikuti oleh seluruh peserta secara sungguh – sungguh sehingga tujuan penyelenggaraan MTQ ini dapat memberikan motivasi kepada umat Islam agar lebih mencintai, mempelajari, mendalami kandungannya, menghayati ajarannya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari dapat terwujud, disamping dapat menghasilkan qori/qoriah, hafidz/hafidzah dan mufassir/ mufassiroh terbaik kabupaten Kukar yang mampu berprestasi dan mempertahankan kejuaraan di Tingkat Provensi yang memiliki mental dan akhlak Qurani serta dapat menjadi tauladan dan panutan bagi masyarakat, jelasnya.
 
 
Bachrin juga mengucapkan ribuan terima kasih dan penghargaan kepada Ketua DPRD, ketua panitia dan segenap anggota beserta seluruh masyarakat Kecamatan Muara Muntai yang telah memberikan dukungan dalam penyelenggaraan MTQ, semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda atas bantuan yang telah diberikan. Kepada seluruh peserta MTQ ke 35 Tingkat Kabupaten Kukar Tahun 2013 , selamat atas keberhasilan dan prestasi dalam menuju keridhaan Allah SWT dan bagi yang belum berhasil hendaknya terus berlatih, pesannya. ( hmp ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini79 pengunjung
Minggu Ini1.095 pengunjung
Bulan Ini4.780 pengunjung
Total Pengunjung75.372 pengunjung
Total Klik1.978.953 Kali