PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Panen Semangka di Menamang, Bupati Ajak Generasi Muda Untuk Bertani

Kemasyarakatan    2 minggu yang lalu   
Administrator    64 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG– Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah di dampingi Kepala Disbun M Taufik, Kepala Ditanak Sutikno, Kepala DPMPD Arianto, Camat Muara Kaman Barliang, Kades Menamang Kanan Amri, Anggota DPRD Provinsi Kaltim Ely Hartati, Anggota DPRD Kukar Guntur dan Kepala OPD meninjau dan melakukan panen bersama buah semangka Kelompok Tani Mekar Jaya, di Desa Menamang Kanan, Jumat (18/11).

 

Bupati Edi Damansyah mengatakan, sangat mengapresiasi Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya yang berhasil memimpin dan mengelola anggotanya dengan baik dalam bidang pertanian.

 

“Setelah melihat kawasan pertanian semangka yang luas tadi, kami arahkan kepada Distanak agar merencanakan dengan baik kawasan tersebut menjadi salah satu kawasan pertanian hortikultura,” ucapnya.

 

Lebih lanjut, Edi ingin keberadaan kelompok tani Mekar Jaya dapat memberikan bimbingan edukasi kepada warga Desa Menamang Kanan dan Menamang Kiri, agar nanti bisa mendapat wawasan baru, sehingga berkembang menjadi kawasan yang berbasis kepada teknologi.

 

"Biasanya kalau di suatu kampung sudah ada yang berhasil, yang lain juga turut. Misalnya kawasan ini semangka yang cocok, kita kembangkan terus semangka di sini. Fokuslah menanam semangka jika ada yang mencari buah semangka tinggal kita arahkan ke sini,” kata Edi.

 

Dibandingkan dari kabupaten/kota di Kaltim, Kukar unggul di pertanian holtikultura. Sebagai Kabupaten yang berpotensi dibidang pertanian hortikultura, perlu lebih meningkatkan dan lebih luas lagi. “Tantangan paling berat sekarang adalah bagaimana mengubah pola pikir generasi muda, karena petani Kukar makin menurun jumlahnya, untuk itu perlunya generasi muda masuk di bidang pertanian. Pemkab Kukar akan terus mendorong dalam bidang pertanian, apalagi pertanian di Kukar sangat potensial untuk di kembangkan,” harapnya.

 

Pada acara tersebut dirangkai dengan penyerahan bantuan alat pertanian dari Bupati kepada kelompok tani Mekar Jaya dan menyerahkan bantuan sembako pada masyarakat yang kurang mampu.(Prokom06)

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini256 pengunjung
Minggu Ini2.750 pengunjung
Bulan Ini10.512 pengunjung
Total Pengunjung255.735 pengunjung
Total Klik11.846.748 Kali