PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Panwas Incar Algaka Cagub-Cawagub

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   1211 Kali

Sumber Foto: Kendati menghadapi resiko jatuh dari pohon Petugas Panwas Kukar mau tidak mau harus menurunkan algaka yang menyalahi aturan tahapan Pilgub Kaltim.(joe)

TENGGARONG - Setelah menertibkan alat peraga kampanye (algaka) calon legeslatif (Caleg) DPRD   yang   melanggar ketentuan, kini Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kutai Kartanegara  kembali mengincar algaka  Pasangan Calon (paslon) Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang kini marak terpasang di berbagai titik  strategis di Kukar.

Ketua Panwaslu Kukar Yadi saat di temui Selasa kemarin mengatakan, jika mengacu ke  Peraturan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kaltim Nomor 6 tahun 2013, maka saat ini belum masuk pada tahapan kampanye Pemilu Kada. “Tahapan kampanye itu baru bisa dilakukan   pada tanggal 24 Agustus hingga 6 September 2013 mendatang,” ujarnya. Oleh karenanya, sosialisasi pasangan cagub dan cawagub, baik itu berupa pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran algaka didepan umum dan pemasangannya, tidak boleh sebelum masuk tahapan kampanye Pilgub tersebut. Dengan demikian Sosialisasi pasangan Cagub dan Cawagub tidak boleh diluar dari jadwal tahapan yang sudah ditetapkan, yakni selama 21 hari dari tanggal 24 Agustus hingga 6 September 2013 mendatang.

Aritinya di sini adalah  sebelum maupun sesudah tanggal itu tidak ada kegiatan sosialisasi. Dikatakan tidak hanya algaka saja, lanjutnya  ketentuan Peraturan KPUD Kaltim  juga berlaku untuk pemasangan iklan di media massa. “Baik  cetak,  elektronik hingga media online," tandasnya.  Yadi menghimbau  partai pengusung dan pendukung segenap pasangan calon untuk segera menurunkan sendiri algaka yang dipasang dan mempersilahkan memasangnya kembali ketika memasuki jadwal tahapan kampanye.  "Kita akan menginformasikan  partai maupun pendukung paslon   bersangkutan untuk  menurunkan sendiri algakanya. Jika tidak kami   akan mengambil tindakan dengan menurunkannya sendiri," katanya. Menyinggung tentang

muatan dan bentuk baliho menurutnya jika sudah masuk pada tahapan kampanye atau sosialisasi  maka    informasi  yang di tampilkan baliho  harus konsisten. “Yaitu hanya untuk  mensosialisasikan diri paslon berikut program yang akan diusung,” katanya. Sedang bentuk dan ukuran baliho tidak dibatasi itu tergantung kreativitas paslon atau partai pendukung. “Yang jelas fisik dan muatan isi baliho  tidak menggangu ketertiban  dan estetika umum,  buatlah semenarik mungkin karena ini pesta demokrasi,” demikian katanya.(joe)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini105 pengunjung
Minggu Ini1.288 pengunjung
Bulan Ini5.509 pengunjung
Total Pengunjung102.775 pengunjung
Total Klik2.709.026 Kali