PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pechi Tenggarong Gelar Kontes Ikan Cupang Hias

Kemasyarakatan    5 tahun yang lalu   
   1843 Kali

Sumber Foto: Beberapa jenis ikan cupang hias yang mengikuti lomba ini di antaranya,halfmoon, plakat, crowntail (serit) dan giant.

TENGGARONG – Dalam waktu dekat komunitas Pencinta Ikan Cupang Hias (Pechi) Tenggarong akan menggelar kontes bertajuk “Tenggarong Betta Contes IV” di Halaman Palnetarium Jagad Raya Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Kontes ini akan dilaksanakan selama dua hari pada 23-24 Januari 2015. Ada terdapat ratusan ekor ikan cupang berbagai macam jenis yang mengikuti kontes ini.

Wakil Ketua penyelenggara Agung Setiawan menyebutkan, event tersebut bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar. “Saat ini sudah tercatat ada ratusan ekor ikan yang sudah terdaftar. Targetnya sebanyak 300 ekor ikan yang mengikuti kontes,” ucap Agung.

Peserta yang mengikuti event ini berasal dari Balikpapan, Tenggarong dan Samarinda. “Ada juga peserta dari luar daerah seperti dari pulau Jawa dan Sumatera, tapi mereka hanya mengirimkan ikannya saja,” Lanjutnya.

Dikatakan lagi, beberapa jenis ikan cupang hias yang mengikuti lomba ini di antaranya,halfmoon, plakat, crowntail (serit) dan giant. Ada 15 kategori kelas yang dilombakan dalam event ini. Setiap peserta boleh mengikuti berbagai macam kategori.  “Ini adalah event yang keempat kalinya di Kukar,” sebutnya.

Ia menyebut, penilaian pemenang dilihat dari keindahannya, ukuran sirip, warna, mental, bentuk keseluruhan, hingga ukurannya. Selain itu, dilihat dari respons ikan tersebut, ialah naluri emosi ikan saat mendapat aksi dari luar. Ada beberapa jenis ikan cupang yang tidak peka saat ada interaksi datang dan beberapa yang peka. Ini menjadi penilaian tersendiri bagi para juri.

Total hadiah yang telah disiapkan pihak panitia sebesar Rp10juta. Selain uang tunai, panitia juga telah menyiapkan beberapa Doorprize yang akan diundi di arena kontes. “Kupon undian akan diberikan sesuai dengan jumlah ikan yang akan didaftarkan. Total hadiah mencapai Rp10 juta,” tambah Agung.

Agung melanjutkan, jika ada yang ingin mendaftarkan ikan cupangnya pada kontes kali ini bisa datang langsung ke Jalan AM Sangaji/Kampung Baru (Warnet Yihaa) atau melalui BlackBerry Massanger (BBM) di 583975EF dan telepon 0852 4651 5667. “Pendaftaran akan ditutup tanggal 22 Januari pukul 18.00 Wita,” jelasnya. (HMS.DI.07)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini76 pengunjung
Minggu Ini1.092 pengunjung
Bulan Ini4.777 pengunjung
Total Pengunjung75.369 pengunjung
Total Klik1.978.881 Kali