PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab, Bankaltimtara Gelar Sharing Persentasi Kesehatan Jantung

Kemasyarakatan    2 tahun yang lalu   
   219 Kali

Sumber Foto: DR Haizal Haron Kamal saat persentasikan kesehatan jantung didepan para peserta.

TENGGARONG -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Bankaltimtara Tenggarong menggelar sharing dan persentasi kesehatan jantung di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Senin (26/11/2018). Kegiatan yang menghadirkan narasumber DR Haizal Haron Kamal dari Rumah Sakit (RS) Thompson Malaysia tersebut turut dihadiri Ketua Penggerak PKK Kukar Mislianawati Edi Damansyah, Camat serta kepala Puskesmas seKabupaten Kukar dan nasabah dari Bankaltimtara Tenggarong.  

DR Haizal Haron Kamal dalam persentasinya mengatakan terdapat sepuluh penyebab seseorang bisa terkena penyakit jantung antaranya karena pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, jarang berolahraga dan tingkat stress yang tinggi."Penyakit jantung bisa diminimalisir dengan cara olah raga, diet yang seimbang dan segeralah berhenti merokok," ucap DR Haizal Haron Kamal. 

ditambahkannya, penyakit jantung merupakan penyakit yang tidak menular, namun dari beberapa penilitian yang ada penyakit jantung masuk deretan teratas mengakibatkan seseorang meninggal dunia. Lebih lanjut, DR Haizal Haron Kamal menyarankan kepada para peserta agar tidak ragu untuk melakukan pemeriksaan (cek-up) terkait kesehatan jantung, karena menurutnya pemeriksaan tersebut sangat penting sehingga seseorang bisa mengetahui sejak dini kesehatan jantungnya.  

Sementara, saat menjawab salah satu pertanyaan peserta sharing terkait melakukan pertolongan pertama kepada seseorang yang terkena serangan jantung, DR Haizal Haron Kamal menjawab dengan segera melakukan tindakan membawa korban kerumah sakit terdekat bukan klinik biasa, karena menurutnya pasien serangan jantung harus ditangani dengan intensif. "Saran saya selalu membawa aspirin, karena bila terjadi serangan jantung aspirin baik untuk mengencerkan darah sebagai pertolongan pertama sebelum korban sampai ke rumah sakit," ucap DR Haizal Haron Kamal. 

Sementara itu, Abdul Somad dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar berharap melalui kegiatan tersebut kedepannya para peserta mendapatkan ilmu serta pengalaman apabila terdapat orang disekitar maupun diri sendiri mengalami serangan jantung. "Semoga melalui kegiatan ini, para peserta khususnya kepala Puskesmas yang menjadi peserta akan mendapatkan tambahan ilmu terkait penanganan pertama pada korban serangan jantung," ucap Abdul Somad.(HendroAldino-Medsi08).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini25 pengunjung
Minggu Ini1.041 pengunjung
Bulan Ini4.726 pengunjung
Total Pengunjung75.318 pengunjung
Total Klik1.977.847 Kali