PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Kukar Prihatin Terhadap Kondisi Nurul

Kemasyarakatan    9 tahun yang lalu   
   1075 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) sangat prihatin terhadap kondisi yang dialami Nurul (21) warga Gang 3 Kelurahan Mangkurawang penderita penyakit saraf pusat yang dialami sejak enam hari pasca dilahirkan. Dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Koetijo Wibdarminto bersama Kabag Humas dan Protokol Dafip Haryanto bergerak cepat langsung mengunjungi kediaman Masnah ibu dari Nurul, Selasa (20/3) siang di Gang 3 Mangkurawang.

Setibanya di rumah yang bersangkutan, sebelum menemui Nurul dari luar nampak kondisi rumahnya sangat menyedihkan bahkan tidak memenuhi syarat layak huni. Ibu Masnah yang ketika itu melihat kedatangan Dinkes segera mempersilahkan untuk masuk kedalam rumah untuk melihat langsung kondisi Nurul yang mengalami kelumpuhan dan aktivitas sehari-harinya hanya dibantu ibunya Masnah."Anak saya mengalami gangguan ini sejak enam hari setelah dilahirkan, tiba-tiba kondisinya demikian," kata Masnah menceritakan kronologis yang diderita anaknya.

Setelah melihat kondisi Nurul, Kadis Kesehatan Koetijo mengatakan bahwa secara medis sistem sarafnya sudah terganggu, dan juga mengalami gangguan mental. "Dinas kesehatan dalam hal ini sangat peduli dan akan berupaya memberikan yang terbaik melalui program Jamkesda, kalau masalah sembuhnya hanya Allah yang dapat menyembuhkannya," katanya.Namun yang terpenting kata dia, peran dinas sosial dan dinas kesehatan sendiri semuanya sudah dibantu pengobatan gratis dan akan kita berikan yang terbaik, "Bagi saya sekarang adalah bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup ibu dan anak ini baik itu melalui jaminan sosialnya, perbaikan rumah, ya semua lintas sektor kita memberikan perhatian dan harus dibantu," ujarnya.

Kabag Humas dan Protokol Dafip Haryanto setelah mengunjungi Nurul juga langsung melaporkan hal tersebut kepada Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf dan menyampaikan prihatin atas kondisi yang dialami Nurul, "Setelah ditinjau oleh Kabag Humas dan Protokol bersama Dinas Kesehatan, saya sampaikan Pemkab Kukar prihatin terhadap kondisinya saat ini," kata Ghufron diruang kerjanya Kantor Bupati.Bahkan tidak hanya itu, Ghufron juga meminta kepada Dinas Sosial agar rumah yang dihuninya saat ini tidak layak huni bisa di data untuk dimasukkan kedalam program bedah rumah. "Saya sudah meminta kepada Dinsos agar mendata rumah tersebut agar dimasukkan dalam program bedah rumah," katanya.

Menurut dia, dengan kondisi seperti itu juga sangat diperlukan sosialisasi secara terus menerus agar warga sekitar umumnya di Kukar betul-betul memahami betapa pentingnya dampak lingkungan terhadap kesehatan mulai dari gizi seimbang dan lainnya. "Saya juga meminta kepada dinas/intansi teknis agar melakukan sosialisasi terutama didaerah pinggiran betapa pentingnya gizi dan sanitasi yang sehat," pintanya.Ditambahkan dia, sosialisasi ini juga dimulai dari RT dan Kepala Desa setempat sebagai ujung tombak pemerintah dalam segala program pembangunan di Kukar, "Saya berharap kepada aparat terdepan ini nantinya perlu di utamakan betapa pentingnya gizi dan sanitasi yang sehat," harapnya. (hmp4)




TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini24 pengunjung
Minggu Ini1.023 pengunjung
Bulan Ini5.030 pengunjung
Total Pengunjung84.691 pengunjung
Total Klik2.292.013 Kali