PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Penerangan Desa Sambera dan Salo Cella Masuk Program PLN

Kemasyarakatan    6 tahun yang lalu   
   2208 Kali

Sumber Foto: Masyarakat Desa Sambera dan Salo Cella mengharapkan jaringan listrik PLN dapat segera dinikmati.

TENGGARONG – Dinas Pertambangan dan Energi, Pemkab Kutai Kartanegara melalui Bidang Energi dan Ketenagalistrikan terus melakukan pendataan desa mana yang belum teraliri listrik, kendati sudah ada progress melalui program Energi Pembangkit Tenaga Surya (PLTS) yang kini secara bertahap mulai dirasakan masyarakat terutama yang berada diwilayah hulu mahakam.

Namun berbeda halnya dengan Desa Salo Cella Kecamatan Muara Badak dan Desa Sambera Kecamatan Marangkayu, bertahun-tahun hingga kini belum bisa menikmati aliran listri secara permanen, hanya mengandalkan mesin penerangan seperti genset milik warga setempat.

“Sampai saat ini kami belum merasakan penerangan listrik seutuhnya, sudah bertahun-tahun hanya mengandalkan mesin jenset. Sebagai warga berharap mendapat perhatian dari pemerintah agar dapat merasakan penerangan sama dengan desa lainnya,” pinta M Taufik warga Desa Sambera belum lama ini.

Menanggapi hal tersebut Kadistamben melalui Kabid Energi dan Ketenagalistrikan mengatakan pemkab sebenarnya sudah menganggarkan dalam perencanaan pengadaan dan pemasangan jaringan listrik melalui APBD 2015. Akan tetapi ada informasi dari PLN bahwa kedua desa tersebut sudah masuk dalam program lisdes PT. PLN (Persero) Wilayah Kaltimra. “Perlu digaris bawahi, kalau sudah masuk program PLN, Pemkab tidak mungkin menganggarkannya. Sesuai dengan UU No.30/2009 tentang kelistrikan,” kata Darwis  baru-baru ini di Tenggarong.

Dijelaskan dia, secara umum tugas utama pemerintah memberikan penerangan yang layak dengan jaringan PLN. “Pemerintah daerah hanya membantu PLN membangunkan jaringan tentu ada tahapan yang harus dilengkapi,” katanya.

Lebih lanjut Darwis menjelelaskan, bukannya pemerintah tidak mampu melainkan kedua desa tersebut masuk dalam program PLN, “Memang masyarakat taunya pasti pemerintah, namun masalah penerangan tersebut sudah masuk dalam program PLN, kita terus mendorong sehingga kedua desa yang belum menikmati listrik secepatnya teraliri listrik sebagaimana tugas utama penerangan itu ada di PLN,” harapnya.

Diambahkan dia secara teknis pemkab bisa membantu PLN membuat jaringan namun harus melalui beberapa tahap sesuai dengan ketentuan contohnya pembangunan jaringan harus memiliki ULA (Uji Layak Operasi) dari lembaga independen kementerian ESDM setelah dinyatakan layak keluarlah SLO (Sertifikat Layak Operasi) baru kemudian diserahkan kepada PLN itu kalau pemkab yang membangun. “Artinya pemkab bisa membantu PLN selama belum dianggarkan lokasi mana yang belum teraliri listrik,”. Demikian jelasnya. [] humas-di01


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini34 pengunjung
Minggu Ini1.042 pengunjung
Bulan Ini4.610 pengunjung
Total Pengunjung74.891 pengunjung
Total Klik1.964.049 Kali