PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pengecoran Lantai Jembatan Tertunda Akibat Cuaca

Kemasyarakatan    6 tahun yang lalu   
   920 Kali

Sumber Foto: Kadis BMSDA Kukar Ahyani Fadhianur Diani saat meninjau progress pembangunan jembatan Kartanegara.(joe)

TENGGARONG – Pembangunan kembali jembatan Kartanegara Tenggarong terus di kebut. Namun sejumlah kendala terus menghadang terutama masalah non teknis khususnya kondisi alam. Buktinya pengecoran lantai jalan side span atau bentang pendekat Jembatan Kartanegara molor dari jadwal semula karena hujan hampir setiap hari terjadi.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air  Kutai Kartanegara  Ahyani Fadhianur Diani mengakui jika masalah non teknis menghambat laju progress pembangunan jembatan Kartanegara. Namun demikian tambah  Ahyani yang  didampingi Kepala Seksi Pemeliharaan dan Peningkatan Jalan, Budi Harsono pekerjaan pembangunan kembali jembatan masih on progress atau sesuai jadwal pembangunannya.  Dikatakan pengecoran lantai jalan di  side span direncanakan ulang  akan dilakukan pada Senin (16/2) pekan depan.

Untuk diketahui, pengecoran lantai side spand ini sudah dua kali tertunda. Awalnya direncanakan akan dilakukan pada akhir Januari lalu dan dimundurkan pada tanggal 10 Februari hari ini. Belakangan, kembali dimundurkan pada pekan depan. Sementara Budi mengatakan, molornya pengecoran dikarenakan ada kendala alam yang memaksa pekerja menghentikan pekerjaan yang bersifat teknis. Dimana selama beberapa hari belakangan ini hujan deras selalu mengguyur kawasan Tenggarong dan sekitarnya .

“Akibatnya berimbas pada molornya jadwal pengecoran,” terang Budi. Dikatakan  Saat ini perangkaan pembesian sudah selesai, kini tinggal melakukan pengecoran lantai jembatan pada side span. Sedang pekerja fokus menyelesaikan temporary tower di kedua sisi jembatan. Dari arah Tenggarong Seberang ketinggian temporary tower kurang  3 meter  dari 75 meter yang akan dibuat, sedangkan dari sisi Tenggarong masih 27 meter lagi.

Pengecoran   side span  sepanjang 100 meter hanya dilakukan  63 meter saja atau sebanyak 7 segmen. Karena cor lantai jembatan ini berfungsi sebagai counter weight atau pemberat pada saat pemasangan main span atau bentang utama. Jembatan diupayakan sudah bisa difungsikan Juni mendatang, meski pembangunannya belum rampung 100 persen. Sedang pekerjaan finishing  tinggal memasang pagar pengaman  dan marka jalan. (hms-di01)

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.480 Kali