PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pertahankan Pertanian, Jangan Tergiur Ganti Rugi Tambang

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   1382 Kali

Sumber Foto: Imbau masyarakat: Wabup Kukar HM Ghufron Yusuf sampaikan sambutan dalam kegiatan Safari Ramadan.

TENGGARONG - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf mengingatkatkan agar sebaiknya masyarakat mempertahankan lahan pertanian, dan jangan cepat tergiur dan rela menjual tanah untuk aktifitas pertambangan."Jangan tergiur ganti rugi tambang, tetap pertahankan lahan pertanian," ujar Ghufron kepada masyarakat Tani Bahagia saat kegiatan Safari Ramadhan  Pemkab Kukar di masjid Al Muhajirin desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Sabtu (27/7) usai salat Ashar. 

Dijelaskannya, sejak beberapa tahun lalu Loa Janan menjadi andalan Kukar bahkan Nasional sebagai penghasil lada. Di Indonesia selain Bangka Belitung, hasil tanaman petani lada Loa Janan memang merupakan salah satu yang terbaik dinegeri ini.Untuk itu Ghufron meminta agar predikat Loa Janan penghasil lada terbaik itu terus dipertahankan, salah satunya yakni dengan melindungi lahan pertanian.


"Caranya, jangan jual tanah kepada perusahaan tambang, sehinga alih fungsi lahan pertanian menjadi kegiatan tambang tak terjadi," imbaunya.Selain itu dikatakannya, dengan mencegah alih fungsi lahan juga berarti ikut melestarikan lingkungan hidup, sehingga keanekaraman hayati didalamnya termasuk tanaman yang menghasilkan bisa terjaga.
Setelah rangkaian kegiatan Safari Ramadan di masjid Al Muhajirin desa Batuah, Loa Janan selesai, rombongan Pemkab Kukar melanjutkan silaturahmi dengan masyarakat ke masjid Al Khairat desa Jembayan kecamatan Loa Kulu, untuk berbuka puasa bersama, salat Maghrib, Isya dan Tarawih berjamaah.


Di masjid Al Khairat desa Jembayan, Ghufron mengajak masyarakat untuk terus meningkatakan kegiatan usaha mandiri. Misalnya, usaha dibidang perikanan, pertanian dan perekabunan atau peternakan, serta usaha-usaha lainnya yang dapat meningkatakan ekonomi keluarga.Dikatakannya, melalui instansi terkait Pemkab Kukar akan mendorong upaya-upaya yang dilakukan masyarakat untuk maju. Misalnya, dengan memberikan penyuluhan maupun bantuan sarana prasarana penunjang usaha masyarakat.

Namun, Ghufron mengatakan Pekab tidak bisa memberikan bantuan untuk tiap-tiap warga, bantuan yang diberikan Pemkab bersifat insentif atau perangsang saja untuk memicu semangat terus berusaha."Maka dari itu peningtakan sumberdaya manusia penting untuk mewujudkan kemandirian masyarakat," paparnya.Pada Safari Ramadhan di dua kecamatan tersebut, Pemkab Kukar melalui Ghufron juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada beberapa kelompok masyarakat Loa Janan dan Loa Kulu.

Bantuan yang diserahkan yakni berupa sarana olahraga dari Dinas Pemuda dan Olahraga, sarana prasarana kegiatan perikanan dari Dinas Perikanan dan Kelautan, serta sarana prasarana kegiatan peternakan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, sarana prasaran kegiatan pertanian dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan, serta sarana prasaran kegiatan perkebunan dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan.Safari Ramadan itu dihadiri bebrapa kepala instansi dilngkungan  Pemkab Kukar, unsur forum koordinasi pimpinan Kecamatan dan desa setempat, serta masyarakat setempat yang memadati masjid Al Muhairin dan Al Khairat. (hmp03)  


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini108 pengunjung
Minggu Ini1.291 pengunjung
Bulan Ini5.512 pengunjung
Total Pengunjung102.778 pengunjung
Total Klik2.709.118 Kali