PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Plt. Asisten II Buka Muscab II IKAT 2021

Kemasyarakatan    2 bulan yang lalu   
Administrator    118 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang juga selaku Kepala Badan Penrencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kukar Wiyono buka Musyawarah Cabang (Muscab) II, Ikatan Keluarga Toraja ( IKAT ) Tahun 2021 di Ruang Serba Guna, Gedung DPRD Kabupaten Kukar, Sabtu (27/11/21). 

 

Sambutan Bupati Kukar yang di bacakan oleh Asisten II Setkab Kukar Wiyono mengatakan masyarakat Kabupaten Kukar merupakan masyarakat mutikultural, yang memiliki keberagaman dalam agama, suku, Bahasa dan budaya, tentunya dari aspek suku menunjukkan berbagai suku terdapat di Kabupaten kita yang salah satunya adalah Suku Toraja, yang telah hidup berdampingan dengan suku lainnya dan berada di tengah-tengah Kabupaten dan aktif dalam membangun kabupaten ini. 

 

"Dalam keberagaman suku dan budaya menunjukkan kekayaan yang sangat bernilai dan menjadi kekuatan yang besar dalam membangun Kabupaten Kukar, tentunya dengan keberagaman juga menunjukkan sisi lain, yaitu perbedaan-perbedaan yang juga memiliki potensi negative dan disfungsional apabila tidak mampu dikelola dengan baik. Sejauh ini keadaan masyarakat kita dalam relasi sosial yang telah menunjukkan keadaan yang sangat kondusif, rukun, dan damai, tentunya dengan kondisi ini kita semua telah berperan dengan baik dalam menjaga keharmonisan, kerukunan, keamanan, kenyamanan dan kedamaian di tengah masyaraat Kabupaten Kukar yang mutikultural" ujarnya 

 

Lebih lanjut Wiyono juga mengatakan sejalan dengan tema MUSCAB II IKAT Kabupaten Kukar yakni “Membangun Ikatan Persaudaraan Dalam Kebersamaan” maka dari itu saya mengajak kita semua keluarga Besar IKAT Kabupaten Kukar untuk mampu mengimplementasikan tema ini dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat yang plural dan juga di tengah-tengah kehidupan komunitas kita, serta keluarga masing-masing, dengan makna kesadaran, rasa tanggung jawab, kepedulian atau solidaritas untuk membantu, yang didasarkan atas kesamaan-kesamaan tertentu, baik dalam iman dan ketakwaan, kesamaan dalam pola pikir, kesamaan aspirasi, kesamaan kebutuhan, dan kesamaan cita-cita dan harapan dalam hidup bermasyarakat. 

 

"Atas nama Pemerintah Daerah saya yakin dengan Ikatan persaudaraan inilah yang akan membangun semangat kebersamaan dalam memperjuangkan aspirasi dalam membangun masyarakat, secara khusus dalam konteks ini Ikatan Keluarga Toraja. Selain itu Ikatan persaudaraan ini juga yang akan membuat kita tidak hanya berpikir untuk diri sendiri, dan terjebak pada kepentingan personal, melainkan membawa kita untuk memperjuangan values kepentingan positif yang terkandung di dalam persaudaraan, yaitu kepentingan bersama untuk sesuatu yang lebih besar membangun Kukar menjadi lebih baik lagi" ujarnya 

 

Tambah Wiyono mengatakan sehubungan dengan MUSCAB II IKAT Kabupaten Kukar, kiranya apa yang menjadi keputusan dapat diterima dengan baik untuk kemajuan IKAT dan dapat menetapkan kebijakan-kebijakan dalam pengembangan organisasi, tentunya pemerintah daerah mengajak kepada seluruh pengurus beserta anggota IKAT Kabupaten Kukar untuk mendukung program-program Pemerintah, dimana sinergisitas yang telah terbangun dengan baik harus kita pelihara dan tingkatkan dalam perjuangan kita untuk membawa masyarakat Kabupaten Kukar lebih sejahtera dan berbahagia. 

 

"Diharapkan melalui MUSCAB II ini diputuskan, disepakati dan direncanakan program-program yang baik dalam pengembangan organisasi, yang dampak positifnya diharapkan memberikan kontribusi bagi seluruh warga masyarakat Kab. Kutai Kartanegara. Pada akhirnya, baik secara pribadi maupun atas nama Pemerintahan Kabupaten Kukar, saya mengucapkan selamat mengikuti MUSCAB II IKAT Kabupaten Kutai Kartanegara. dan saya sangat berterimakasih atas komitmen warga IKAT Kabupaten Kukar untuk memberikan dukungan atas program-program Pemerintah dan bersinergi bersama dalam membangun Kabupaten yang kita cintai ini" Ungkap Wiyono 

 

Sementara itu Ketua Ikat cabang Kukar, AKP Marten Saini mengucapan terimakasih kepada undangan dan peserta musyawarah cabang Kukar yang sudah berkenan meluangkan waktu untuk hadir dan akan memilih pengurus IKAT cabang Kukar lima tahun ke depan. 

 

"Misa' kada di potuo, pantan kada di pomate (Semboyan Orang Toraja). Siapa saja yang terpilih sebagai ketua dan pengurus, kiranya senantiasa dapat memimpin paguyuban ini dengan arif dan bijaksana tentunya saling tolong menolong dan saling menasehati bahkan organisasi ini dapat bersinergi dengan program program pemerintah untuk membangun Kukar" ujarnya. 

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kab. Kukar Ibu Rinda Desianti,  Anggota DPRD Kukar, mewakili Ketua DPRD Kukar Safaruddin Pabonglean, Ketua IKAT Prov Kaltim Prof. Yonatan Palinggi, Ketua KKSS Kab. Kukar Arfan boma Pratama, M.Ap, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Marwan, Jimmy Tangkulung, perwakilan Kerukuran Keluarga Sulawesi Utara, Hj. Susilawati, paguyuban bakumpai Kukar, Markus Rombe, perwakilan IKAT wilayah, (Prokom 09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini98 pengunjung
Minggu Ini2.079 pengunjung
Bulan Ini8.033 pengunjung
Total Pengunjung132.858 pengunjung
Total Klik3.236.829 Kali