PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Plt Bupati Hadiri Pesta Rakyat Sangasanga

Kemasyarakatan    2 tahun yang lalu   
   756 Kali

Sumber Foto: Masyarakat memadati halaman Monumen Perjuangan Merah Putih Kelurahan Sangasanga Muara Kecamatan Sangasanga.

TENGGARONG –Masyarakat memadati halaman Monumen Perjuangan Merah Putih Kelurahan Sangasanga Muara Kecamatan Sangasanga guna menghadiri pesta rakyat yang digelar dalam rangka memperingati dan menyemarakan peristiwa perjuangan merah putih Sanga Sanga ke 72 Tahun 2019, Sabtu (26/01).

Beraneka makanan dan minuman telah disajikan oleh masyarakat Sangasanga dari lima Kelurahan yang ada di Sangasanga. Sementara itu, pelaksana tugas Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Kecamatan Sangasanga, seluruh panitia pelaksana dan seluruh masyarakat Sangsanga yang telah ikut berpartisipasi memeriahkan, menyemarakan dan menyukseskan rangkaian kegiatan ini. Moment pesta rakyat dijadikan ajang untuk menyambut para peserta napak tilas sebagaimana dulu menyambut para pejuang dari medan perang.

Edi Damansyah juga mengatakan pesta rakyat bukan hanya ajang makan – makan dan nyanyi – nyanyi namun bisa menjadi sarana edukasi dan tukar pengalaman generasi muda yang telah mengikuti npak tilas dalam rangka peringatan Peristiwa Merah Putih. "Pesta rakyat juga menjadi ajang menunjukkan hasil apa yang telah kita berikan untuk para pejuang dan Negara,“ ujar Edi Damansyah.

Dikatakannya, kegiatan napak tilas dan pesta rakyat harus mampu menumbuh kembangkan nilai – nilai penting bagi generasi muda yaitu mempunyai nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan, nilai rela berkorban dan pantang menyerah, nilai kemanusian dan kepedulian. Napak tilas agar bukan sekedar seremoni maupun gerak jalan, namun kedepan bisa diisi dengan kegiatan bhakti sejarah meliputi pengecatan dan pembersihan situs sejarah, bedah rumah para pejuang, bedah sejarah atau cerita para pejuang, bhakti masyarakat dengan mengaktifkan lagi gotong royong dan semangat Betulungan, bena kampong etam (peduli), bhakti sosial seperti donor darah, sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat.

Edi berharap Kedepan kegiatan napak tilas hendaknya ditambah dengan berbagai kegiatan diantaranya peserta akan tinggal dan beraktifitas bersama para pejuang dan masyarakat selama beberapa hari, sehingga mereka bisa memahami dan menjadi inspirasi bagi kita semua dalam membangun Kutai Kartanegara. "Jangan sia-siakan pengorbanan para pahlawan demi meraih kemerdekaan dengan hal – hal yang tidak berguna. Mulailah bersikap positif dan optimis bahwa kita mampu menjadi lebih baik dari sebelumnya," tegas Edi Damansyah. (Medsi 04 / Betty ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini211 pengunjung
Minggu Ini1.924 pengunjung
Bulan Ini6.394 pengunjung
Total Pengunjung110.277 pengunjung
Total Klik2.881.832 Kali