PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

PT. Parisma Jaya Abadi Siap Bertanggungjawab

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   2096 Kali

Sumber Foto: Pertemuan: Tim Pemkab Kukar BLHD, Distamben saat mempertemukan antara pihak ahli waris dan PT. Parisma Jaya Abadi membahas non teknis terkait longsornya area pemakaman RT. 10 Disun Seroja, Rimba Ayu, Desa Kedang Murung Kota Bangun, Selasa (31/12) di Kantor BLHD, Tenggarong.(hmp04)

TENGGARONG - Setelah sehari melakukan peninjauan longsor di kuburan Muslimin RT 10 Dusun Seroja, Rimba Ayu, Desa Kedang Murung Kecamatan Kota Bangun. Dilokasi terdapat kegiatan penambangan batubara oleh PT. Parisma Jaya Abadi (PJA) pada Pit 1. Menindak lanjuti hal tersebut, Distamben bersama tim BLHD kembali melakukan pertemuan lanjutan, Selasa (31/12) di Ruang Rapat BLHD Kukar, Tenggarong.

Pertemuan dipimpin Kasi Advokasi Penegakan Hukum BLHD Alfian Noor didampingi Koordinator Inspektur Tambang dari Distamben Erni. Hadir juga Camat Kota Bangun Mawardi, Kades Kedang Murung Hartoni, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. PJA Alang Tripamundi, Kuasa Direktur PT. PJA EA Hairun, serta pihak ahli waris dan perangkat desa setempat. Kepala Teknik Tambang PT. PJA Alang Tripamundi mengungkapkan permintaan maafnya atas kejadian longsor di area pemakaman warga, "Perusahaan minta maaf atas kejadian ini," katanya.

Dikatakan Alang, pihaknya juga sudah melakukan pertemuan dengan warga setempat terutama para ahli waris, "Intinya perusahaan siap bertanggungjawab, bahkan sesuai dengan permintaan para ahli waris sudah 26 kuburan sudah dipindahkan ketempat yang lebih aman," ujarnya.

Sementara mewakili Desa Kedang Murung Junaidi mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan pertemuan dengan para ahli waris, "Ahli waris setuju untuk dipindahkan, dengan semua biayanya ditanggung perusahaan. Tidak hanya itu warga juga meminta agar dilakukan penuraban di area kuburan Muslimin, menghindari terjadinya longsor," pintanya.

Sementara itu Camat Kota Bangun Mawardi berharap kepada pihak perusahaan agar memperhatikan kenyamanan dan ketertiban serta kesejahteraan masyarakat. "Saya berharap jika terjadi masalah segera laporkan ke kecamatan, terus terang kejadian ini saya taunya sore hari," ujarnya.

Setelah mendengarkan semua masukan dan permintaan para ahli waris, pimpinan rapat Alfian Noor menyimpulkan dalam berita acara dengan empat poin diantaranya, menghentikan  sementara kegiatan penambangan batubara di Pit 1, kecuali kegiatan pematanganan lahan untuk mengurangu dampak longsoran/kestabilan lereng pada area pemakaman. PT. PJA akan bertanggungjawab terhadap semua biaya yang dikeluarkan dengan adanya pemindahan makam dan difasilitasi oleh pihak desa maupun kecamatan.

Rencana musyawarah ahli waris makam terkait tali asih akan dilakukan permuan lanjutan yang akan dipasilitasi perangkat desa tau pihak kecamatan setempat bersama pimpinan PT. PJA pada Kamis (2/1) malam Jumat di Kota Bangun. "Saya minta hasil pertemuan antara ahli waris dengan pihak perusahaan disampaikan kepada Distamben, BLHD dan tim lainnya,". Paparnya. (hmp04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini336 pengunjung
Minggu Ini4.401 pengunjung
Bulan Ini16.138 pengunjung
Total Pengunjung180.965 pengunjung
Total Klik5.420.066 Kali