PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Ragam Program Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan Kaltim di Kukar

Kemasyarakatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    157 Kali

Sumber Foto: prokom

TENGGARONG – Kepala Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan (Kadistan dan Keswan) Provinsi Kalimantan Timur Munawar memaparkan ragam program bidang peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

 

Di antarannya, Pengembangan budidaya sapi potong 61 ekor untuk 3 kelompok (Samboja, Muara Badak), Peningkatan budidaya sapi potong 12 ekor (Sebulu), Peningkatan budidaya ternak kambing 65 ekor (Marangkayu), Fasilitasi pembangunan mini ranch 4 unit (Kembangjanggut, Muara Muntai, Kenohan, Marangkayu), Penyediaan hijauan pakan ternak berupa bibit legume 1 kg (Samboja), Penyediaan Stimulant kandang 1 unit (Anggana), Penyediaan stimulant konsentrat 3500 kg. 

 

Kemudian, Distribusi vaksin (Vaksin Jembrana 600 dosis dan Vaksin Rabies 500 dosis), Pengadaan obat-obatan dalam rangka penguatan pelayanan 4 puskeswan (Samboja, Kota Bangun, Muara Muntai, dan Tenggarong Seberang), Surveilans dan pengambilan sampel dalam rangka penyediaan penyakit Brucellosis (Kukar), Pengawasan pemotongan sapi/kerbau betina produktif di rumah potong hewan 1 lokasi (Tenggarong). 

 

Selanjutnya, Optimalisasi Reproduksi (jumlah akseptor 1400 ekor, target inseminasi buatan 1694 ekor, target pemeriksaan kebuntingan 906 ekor, target kelahiran 906 ekor), Pengembangan sumber air/irigasi perpompaan pertanian 1 unit (Muara Badak), Asuransi usaha ternak 100 ekor (Kukar), Pengembangan sapi potong 20 ekor (Tenggarong Seberang), Pengembangan ternak kambing 25 ekor (Marangkayu), dan Pengembangan ternak itik 10.000 ekor (Muara Jawa, Sangasanga, Anggana, Muara Badak, Marangkayu, Tenggarong, Tgr Seberang, dan Sebulu). 

 

"Dengan tujuan meningkatkan kontribusi sektor peternakan terhadap ekonomi daerah, meningkatnya kesejahteraan peternak serta meningkatnya produksi pangan asal ternak di Kabupaten Kukar yang selama ini menjadi pemasok terbesar daging sapi untuk Kaltim," ungkap Munawar, saat berkunjung ke Kantor Bupati Kukar, di Ruang Rapat Sekda, Rabu (5/5/2021).

Kedatangan Munawar diterima Sekda Kukar Sunggono, didampingi Kadistan dan Keswan Kukar Sutikno.

 

Sunggono, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadistan dan Keswan Kaltim dan jajarannya, ini merupakan suatu kehormatan bagi Kukar mendapat tamu dari provinsi (Kadistan dan Keswan Kaltim, red).  

 

Perlu diinformasi bahwa saat ini Pemkab Kukar dalam proses penggabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Perkebunan Kukar yang akan bergabung dengan OPD Distan dan Keswan Kukar dengan harapan OPD ini bisa lebih meningkatkan sektor pertanian dan peternakan.

 

 "Karena kita ketahui bersama Kabupaten Kukar adalah salah satu penghasil atau pemosok beras dan sapi ternak terbesar di Kaltim bahkan di Indonesia. Ini tidak terlepas dari peran dan kerjasama beberapa perusahaan tambang di Kabupaten Kukar dalam program CSRnya," ujarnya.  (prokom05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini25 pengunjung
Minggu Ini1.024 pengunjung
Bulan Ini5.031 pengunjung
Total Pengunjung84.692 pengunjung
Total Klik2.292.056 Kali