PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rita : Kata Bapak, Orang Kukar Itu Giat Berusaha

Kemasyarakatan    5 tahun yang lalu   
   1173 Kali

Sumber Foto: Syaukani HR dihibur anak dan istrinya saat Lebaran beberapa tahun lalu (by hayru abdi)

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari menyampaikan harapan dari almarhum H Syaukani Hasan Rais, yaitu agar warga Kukar tetap giat berusaha.

"Kata bapak (H Syaukani), orang Kukar itu adalah orang-orang yang mau dan giat bekerja atau berusaha, begitu kata bapak" ujar Rita yang merupakan puteri ke dua Syaukani HR saat ditemui dirumah duka, Rabu (27/7) malam.    

Selain itu, menurut Rita ada tiga filosofi Syaukani yang patut dijadikan semangat dalam menjalani kehidupan, yaitu jadilah seperti batu karang meski diterjang ombak namun tetap kokoh, jadilah seperti lilin meski meleleh namun memberikan cahaya disekitarnya, serta menjadi seperti lebah yang giat dan menjunjung persatuan.

"Arti dari tiga filosofi tersebut yaitu, tetap tegar meski diterpa berbagai hambatan, hidup kita harus bermanfaat untuk orang lain, serta mengedepankan sikap gotong royong dan bersatu dalam keadaan apapun," ujarnya.

Rita mengatakan, sepeninggal ayahnya, dirinya berserta saudara-saudaranya akan terus berjuang meneruskan cita-cita H Syaukani HR. Dikatakannya, banyak cita-cita dan ide cemerlang ayahnya untuk kemajuan Kukar dan Kaltim, diantaranya dalam hal pendidikan, pertanian dalam arti luas dan pariwisata.

"Semua ide beliau tentunya agar Kukar dan Kaltim umumnya sejahtera dan berkeadilan, kami akan berjuang meneruskan cita-cita bapak," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rita mewakili keluarga besarnya, mengucapkan maaf lahir bathin jika semasa hidup H Syaukani ada khilaf dan salah baik disengaja maupun tak disengaja, agar dimaafkan seikhlas-ikhlasnya. 

Menurutnya, keluarga sangat kehilangan beliau, namun keluarga juga harus ikhlas.

"Ini adalah jalan terbaik dari Allah, semoga ditempatkan ditempat yang terbaik disisi Nya, dan menjadi khusnul khotimah," ujarnya dengan mata berkaca-kaca menyudahi wawancara.

Seperti diketahui, bahwa Mantan Bupati Kukar H Syaukani Hasan Rais tutup usia pada umur 67 tahun, Rabu (27/7) sekitar pukul 16.26 wita di Rumah Sakit A Wahab Syahrani, Samarinda.

Kepastian meninggalnya tokoh Kukar tersebut, disampaikan oleh Bupati Kukar Rita Widyasari yang merupakan anak ke 2 Syaukani HR melalui status Black Berry Massangernya, yaitu "Innalillahi wa innailihi rojiun, telah berpulang ayahanda saya bapak Syaukani, semoga Khusnul Khotimah, maaf lahir batin atas segala kesalahannya," demikian ketiknya.

Jenazah pria yang lebih akrab disapa Pak Kaning tersebut kemudian dibawa kerumah duka, atau kediaman pribadi Rita Widyasari di Jl Mulawarman, atau didepan hotol Lesong Batu Elty Suites, Tenggarong.

Sebelum wafat, Syaukani sempat dirawat di Rumah Sakit A Wahab Syahrani dan mendapatkan perawatan intensif oleh tim dokter sejak Sabtu (23/7) karena terserang stroke. Syaukani sejak beberapa tahun terakhir memang kehilangan gerak motoriknya karena sakit.

Pak Kaning yang lahir di Kota Raja Tenggarong, 11 November 1948 meninggalkan seorang isteri dan  tiga orang anak, yaitu Silvi Agustina, Rita Widyasari, dan Windra Sudarta (almarhum), serta beberapa orang cucu.  

Untuk diketahui, Syaukani dua kali terpilih menjabat sebagai Bupati Kukar, yaitu untuk periode 1999-2004 dan 2005-2009.

Semasa hidupnya, Syaukani juga beberapakali memimpin organisasi, diantaranya yaitu Ketua DPC Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Kutai Kartanegara, Ketua Umum Pengurus Cabang Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Syaukani juga sempat menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) pada tahun 2000-2004. Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Timur, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia, Ketua KTI (Komisi Tinju Indonesia) Kalimantan Timur. (hmp02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini106 pengunjung
Minggu Ini1.468 pengunjung
Bulan Ini5.533 pengunjung
Total Pengunjung103.607 pengunjung
Total Klik2.725.467 Kali