PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Riuh Festival Bekokor Gubang Naga

Kemasyarakatan    2 tahun yang lalu   
   232 Kali

Sumber Foto: Ketua PODSI Kaltim Abdul Rasid berharap festival ini dapat rutin digelar karena dapat menjadi cara yang efektif untuk pembinaan dan pencarian bakat atlet dayung Kukar dan sekaligus sebagai ajang wisata bagi masyarakat Tenggarong dan sekitarnya.

TENGGARONG -Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Bidang Pembudayaan Olahraga selenggarakan lomba dayung tradisional bertajuk Festival Bekokor Gubang Naga. Festival tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 5-7 April 2019 bertempat di Sungau Tenggarong sisi jalan S. Parman Tenggarong.

Festival tersebut dibuka pada hari jumat (05/04) oleh Kepala Dispora Kukar dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kukar, Kepala Dinas Pariwisata, Ketua Podsi Kaltim, Kapolres Kukar, Dandim 0906, Rektor Unikarta, dan Direktur BPD Kaltimtara. Ketua Panitia Lukman yang juga Ketua PODSI Kukar dalam sambutannya mengatakan bahwa Festival Bekokor Gubang Naga ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan untuk menyukseskan program nasional gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan Program Ayo Olahraga dengan tujuan sebagai ajang pembinaan dan pemasyarakatan olah raga tradisional.

Disampaikan Lukman bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 20 tim pedayung putra dan 16 tim pedayung campuran (mix) yang berasal dari Club-club Dayung Kukar, Cabor gulat dan sambo, RSUD parikesit, Satpol PP, UPT peralatan alat berat, Kecamatan Muara Muntai dan Kelurahan Mangkurawang dengan jumlah personil 8 orang tiap tim. Pelaksanaan festival tersebut diselenggarakan pada malam hari dan selama pelaksanaan dihibur dengan penampilan musik sampeq, tingkilan, zumba party dan fashion show baju daerah.

Ketua PODSI Kaltim Abdul Rasid berharap festival ini dapat rutin digelar karena dapat menjadi cara yang efektif untuk pembinaan dan pencarian bakat atlet dayung Kukar dan sekaligus sebagai ajang wisata bagi masyarakat Tenggarong dan sekitarnya. Kadispora Awang Ilham mewakili Bupati Kukar menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas terselenggaranya festival tersebut. Dikatakan bahwa begubang atau mendayung perahu naga merupakan salah satu budaya yang dimiliki masyarakat Kukar. Untuk itu patut dilestarikan agar pelaksanaan festival bekokor gubang naga bisa dijadikan sebagai sarana pelestarian budaya lokal dan juga sebagai ajang pencarian atlet berbakat.

Bupati Kukar berharap kegiatan festival ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata baru yang bisa menarik wisatawan, tentunya kedepan harus dikemas lebih baik. Bupati Kukar juga berpesan kepada para atlet agar menjaga kebersamaan dan perdamaian antar peserta, berlomba dengan semangat dan menjunjung tinggi sportivitas untuk menjadi yang terbaik. (info.prokom/nsr/pj)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini86 pengunjung
Minggu Ini1.096 pengunjung
Bulan Ini4.647 pengunjung
Total Pengunjung75.048 pengunjung
Total Klik1.970.177 Kali