PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Safari Ramadan Kanwil Kumham

Kemasyarakatan    5 tahun yang lalu   
   1061 Kali

Sumber Foto: Suasana buka puasa bersama Safari Ramadhan Kakanwil Hukum dan HAM Kaltim di Lapas Kelas 2 B Tenggarong.(joe)

TENGGARONG – Memasuki hari ke 12 puasa Ramadan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Provinsi Kalimantan Timur  Joko Setiyono   telah  melakukan safari Ramadan ke sejumlah penjara  yang ada di Kaltim.  Diantaranya ke Lembaga Pemasyarakatan kelas 2  B Tenggarong malam tadi.

Rombongan tim safari Ramadan Kanwil Hukum dan HAM Kaltim dipimpin kepalanya Joko Setiyono  tiba di pintu gerbang lapas  disambut Kepala Lapas kelas 2 B Tenggarong M Ihksan Senin sore kemarin. Rombongan tim safari ramadan Kakanwil Hukum dan HAM Kaltim  terdiri dari  para Kepala Divisi dan Kepala Bidang di lingkungan kantor tersebut. Safari ramadan diawali  penyampaian tauziah dilanjutkan buka puasa bersama  dan  solat magrib   berjamaah di masjid Taubatan Nasuha  yang berada di dalam  lapas. Dihadiri selain  pegawai dan sipir lapas juga warga binaan yang ada di lapas Tenggarong.

Kepala Lapas M Ihksan mengatakan  Lapas kelas 2 B Tenggarong dengan  kapasitas  tampung 300 orang   saat ini dihuni  sebanyak 900 an napi. Dengan kondisi ini tentunya beberapa fasilitas lapas seperti  sediaan air bersih dan cadangan listrik sangat terbatas. Menyinggung pembinaan bagi penghuni lapas menurutnya dilakukan latihan ketrampilan membuat souvenir. Sedang di bidang mental spritual terutama yang beragama islam diadakan latihan fardu kifayah hingga  menghafal ayat Alquran bagi.

Sementara Kakanwil Hukum dan HAM Kaltim Joko Setiyono mengaku safari ramadan yang dilakukannya selain untuk menajlin silaturahmi dengan aparatnya di kabupaten kota se Kaltim juga mliha langsung  kondisi penjara. Dikatakan pula  dalam menyambut  hari besar seperti Idul Fitri pemerintah selalu memberikan remisi bagi penghuni penjara. Remisi  pasti diberikan bagi mereka yang memiliki kelakuan baik selama  di penjara. Misalnya patuh pada peraturan  dan rajin beribadah. Menurutnya  warga binaan di setiap lapas memiliki rapor catatan masing masing. Rapor tersebut berisi catatan keseharian penghuni lapas. Catatan itu  menjadi acuan bagi pemerintah apakah seseorag warga binaan patut mendapat remisi atau tidak. Jika  tahanan  acap membuat keonaran dan melanggar peraturan Lapas dapat dipastikan tdak mendaat remisi.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini59 pengunjung
Minggu Ini1.058 pengunjung
Bulan Ini4.796 pengunjung
Total Pengunjung75.681 pengunjung
Total Klik1.985.719 Kali