PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sampah Sayur Jadi Pupuk Organik

Kemasyarakatan    6 tahun yang lalu   
   855 Kali

Sumber Foto: Petugas kebersihan Pasar Tangga Arung membuat pupuk organik dari sampah sayur menggunakan mesin pencacah.(joe)

TENGGARONG - Sampah sayuran yang tidak laku terjual ternyata menjadi lahan rejeki bagi petugas kebersihan Pasar Tangga Arung, Tenggarong. Pasalnya dari sampah itu oleh petugas di olah menjadi popuk organik yang sangat dibutuhkan peternak maupun petani kebun. 

Membebaskan pasar dari sampah sudah menjadi rutinitas sehari-hari petugas sampah di Pasar Tangga Arung Tenggarong. Kegiatan rutin tersebut kini bertambah yaitu memilah-milah sampah sampah basah dan sampah kering sebelum diangkut truk ke pembuangan akhir. Khusus sampah sisa sayur mayur yang terbuang atau tidak laku terjual maka oleh petugas sampah dikumpulkan untuk dijadikan pupuk organik.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindagkop dan UMKM Kutai Kartanegara, Tego Yuwono mengatakan, pemanfaatan sampah dari sisa sayur-sayuran itu sudah sejak beberapa bulan lalu dilakukan. “Tepatnya sejak Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar memberi bantuan 1 unit mesin pencacah sampah sayuran,” ujarnya saat ditemui Kamis (2/10). Menurutnya pupuk organik hasil olahan mesin tersebut kini menjadi lahan bisnis sampingan petugas kebersihan pasar.

Sedang peminat pupuk olahan sampah sayuran sangat banyak  mulai dari peternak sebagai pakan ternak hingga petani kebun untuk pupuk organik. Dijelaskan saat ini produksi pupuk organik berupa racikan sisa sayuran itu dalam sehari mampu menghasilkan hingga 150 kilogram. Untuk menambah kapasitas dengan mengadaka unit mesin pencacah  tidak mungkin. Karena selain tidak ada tempat yang tersedia juga Pasar Tangga Arung dalam waktu dekat akan di tutup. “Sehingga untuk memperbesar produksi pupuk organik berbasis sayuran untuk saat ini sulit dilakukan,” demikian ujarnya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.565 Kali