PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Satpol Temukan Lagi Miras

Kemasyarakatan    7 tahun yang lalu   
   760 Kali

Sumber Foto: Komandan Satpol PP & Linmas Kukar Fida Hurasani menggenggam botol anggur merah hasil tangkapan di Kecamatan Sebulu dan Tenggarong Seberang.(joe)

TENGGARONG – Minuman keras yang diperdagangkan tanpa mengantongi izin penjualan kembali disita Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Kutai Kartanegara. Operasi iu berhasil mengamankan ratusan botol berisi miras dilakukan di 3 toko di Kecamatan Tenggarong Seberang dan Sebulu.

Dari hasil tangkapan yang dilakukan Selasa (28/10) lalu itu bukan hanya ratusan botol berisi miras siap minum namun cairan alkohol berkadar 70 persen juga ditemukan dalam operasi. Diduga cairan alkohol 70 % itu sebagai agent atau media bahan pencampur membuat miras oplosan.

Menurut Komandan Satpol PP dan Linmas Kukar Fida Hurasani ratusan miras tersebut diamankan di tiga toko sekaligus pada 2 kecamatan, yakni di Desa Sumber Sari SP1 Kecamatan Sebulu dan di Kecamatan Tenggarong Seberang 2 toko yaitu di Desa Bangunrejo L3 dan Desa Karang Tunggal L2. Menurutnya pemilik toko yang barang dagangannya disita itu tidak melakukan perlawanan dan merelakan dibawa anggotanya sebagai barang bukti. Hal itu setelah pihaknya meyakinkan jika memperdagangkan miras harus mengantongi izin sesuai peraturan daerah.

“Ya awalnya pemilik toko ngotot untuk tidak disita, dengan alasan tidak mengetahui kalau miras minuman berbahaya,” katanya. Mereka juga berdalih tidak mengetahui jka jualan miras harus memiliki izin.  Sedang jumlah miras yang disita terdiri 10 dus bir hitam, 10 dus anggur merah dan sisanya se dus alkohol kadar 70 persen. “Setiap dus berisi 1 dan 2 lusin. Sehingga jika ditotal jumlahnya mencapai ratusan botol,” ujarnya. Dikatakan ratusan botol miras itu kini telah diamankan di Kantor Satpol PP dan Linmas Kukar, di Komplek Kantor Bupati, Tenggarong sebagai barang bukti.

Dikatakan Fida ketiga pemilik toko mendapatkan teguran keras dan menandatangani surat pernyataan untuk tidak menjual miras lagi. Jika ketahuan menjual lagi mereka didenda Rp 25 juta dan kurungan 3 bulan . “Karena melanggar Perda Nomor 5/2013 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum,” demikian katanya.  Sebelumnya, Satpol PP & linmas Kukar telah menyita sebanyak 542 botol miras dalam operasi yang sama, pada Senin (20/1) malam lalu, di sejumlah tempat Desa Lebak Cilong, Kecamatan Muarawis.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini125 pengunjung
Minggu Ini1.961 pengunjung
Bulan Ini7.442 pengunjung
Total Pengunjung118.879 pengunjung
Total Klik3.021.700 Kali