PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tanpa Jaket Pelampung, Tak Boleh Bawa Penumpang

Kemasyarakatan    9 tahun yang lalu   
   742 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Perahu kayu bermesin atau yang disebut masyarakat setempat dengan fery tradisional, dilarang membawa penumpang tanpa dilengkapi life jacket atau jaket pelampung sesuai jumlah maksimal daya angkut orang dalam fery itu.

"Jadi misalnya kalo satu perahu hanya punya lima life jacket, berarti hanya lima orang yang boleh diangkutnya, tak boleh lebih," ujar Kepala Dinas Perhubungan H Otoy Usman saat dihubungi, Minggu (25/12) pagi. 

Otoy mengatakan, jauh sebelum musibah tabrakan fery tradisional Sabtu (24/12) malam lalu, dirinya sudah mengingatkan pada pemilik atau pengusaha fery agar mengutamakan keselamatan penumpang. Baik dengan mencukupi jumlah jaket pelampung atau membawa muatan sesuai kapasitas perahu.

Bahkan pihak Dishub juga sudah membagikan lima buah jaket pelampung untuk tiap-tiap fery tradisional, sejak angkutan air tersebut menjadi salah satu tarnsportasi alternatif warga sejak ambruknya jembatan Kartanegara sebulan lalu. Dengan harapan, agar pengusaha fery tradisional mau menambah secara pribadi beberapa jeket pelampung sesuai kapasitas penumpang perahunya masing-masing.

"Eh.. sampai kecelakaan ini setau saya belum ada yang menambah jumlah life jacket itu, padahal hari-hari mereka mendapat untung dari usaha penyebrangan itu," ungkapnya.

Otoy kembali menegaskan bahwa mulai, Senin (26/12) pihaknya akan meningkatkan pengawasan pada dermaga-dermaga penyebrangan tradisional,khususnya tentang penggunaan jaket pelampung. Fery tradisional hanya boleh mengangkut penumpang yang memakai jaket pelampung. Jadi pengusaha penyebrangan harus melengkapi jaket pelampung sesuai kapasitas perhunya. 
Hal tersebut merupakan imbauan dari Wakil Bupati KUkar HM Ghufron Yusuf yang langsung mengadakan rapat dengan pengusaha dan pemilik fery tradisional di SDN 002 Loa Raya Tenggraong Sebrang, sesaat usai kecelakaan itu terjadi.

Pada Rapat malam itu juga dihadiri Komandan Kodim 0906 Tenggarong Letkol Inf Dendi Suryadi, jajaran Dishub Kukar serta aparat Desa setempat.

Ghufron mengimbau kepada pemilik atau pengusaha fery tradisional agar mengutamakan keselamatan penumpang. Daiantaranya dengan wajib menyediakan jaket pelampung sesuai kapasitas perahu dan melengkapi perahu dengan lampu-lampu yang memadai untuk oprasi malam hari.

"Tak hanya fery tradisional, saya juga minta kepada semua angutan air agar waspada dan memperlambat laju kapalnya ketika mendekati jalur fery tradisional," imbaunya. (adv/hmp03)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini23 pengunjung
Minggu Ini1.039 pengunjung
Bulan Ini4.724 pengunjung
Total Pengunjung75.316 pengunjung
Total Klik1.977.636 Kali