PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tim Sanitasi Kukar Studi Komperatif di Kabupaten Malang

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   1012 Kali

Sumber Foto: Anggota Tim Sanitasi Kukar foto bersama.(joe)

TENGGARONG – Peningkatan jumlah pendudukan dari tahun ke tahun terus terjadi. Peningkatan itu tentu membawa konsekwensi pada daya dukung lingkungan. Padahal luas lingkungan tidak pernah berubah. Agar daya dukung lingkungan mampu menampung manusia yang kian bertambah itu maka sanitasi merupakan komponen  lingkungan yang perlu dicermati. Karena sanitasi yang baik akan memberikan dampak bagi kesehatan manusia mauoun  keindahan  suatu kawasan hingga mampu menangkal pencemaran lingkungan.

Untuk itu Pemkab Kukar melalui Tim Gabungan Sanitasi  Kukar melakukan Studi Komperatif di Kabupaten Malang, Jawa Timur Sabtu (26/9) lalu selama 3 hari. Tim Sanitasi Kukar yang berjumlah 25 orang dipimpin Mariono dari Bapemas Pemdes Kukar kehadirannya di Malang diterima Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang Renung Rubiyatadji.  Menurut  Mariono kunjungan studi komperatif dimaksudkan untuk mengetahui  pengelolaan sanitasi di Malang. “Karena Malang merupakan kabupaten yang dinilai berhasil dalam pengelolaan sanitasi,” ujarnya. dikatakan hasil dari studi komperasi ini  hal apa yang  perlu di adopsi untuk ditindaklanjuti.

Sekaligus  sebagai bahan perbandingan untuk dituangkan kedalam strategi sanitasi Kukar. Sementara Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas CKTR Kabupaten Malang Renung Rubiyatadji mengatakan masalah sanitasi di daerahnya lebih difokuskan pada  penanganan sampah di TPA Talangagung, kecamatan Kepanjen. Menurut selama ini sampah menjadi hal yang menakutkan. Akan tetapi  bila sampah dikelola dengan baik maka dapat menjadi sumber penghasilan.

"Di Malang banyak sekali tempat yang bisa dijadikan referensi bagaimana mengelola sampah tersebut sehingga menguntungkan dari segi ekonomi," katanya.  Dari hasil pengolahan sampah mampu  mencegah pencemaran lingkungan kemudian menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.   Kemudian disisi ekonomi dapat mengurangi jumlah pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja dan menambah pendapatan para pekerja.

"Kita memiliki 19 petugas angkut sampah, 39 pegawai operasional dan dua staf administrasi ditambah 4 linmas. “Petugas tersebut mendapatkan gaji dari hasil pengelolaan sampah," demikian jelasnya. Usai pertemuan  Tim sanitasi Kukar diajak melihat Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Pengelolaan air bersih hingga IPAL Komunal di pemukiman penduduk. Ke 25 anggota tim Sanitasi Kukar itu terdiri dari aparat Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan, Bappeda, Bapemas dan SKPD terkait lainnya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini15 pengunjung
Minggu Ini2.237 pengunjung
Bulan Ini9.904 pengunjung
Total Pengunjung252.267 pengunjung
Total Klik11.679.168 Kali