PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wabup Lepas 355 Calhaj Kukar

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   1107 Kali

Sumber Foto: Lepas Calhaj: Wabup Kukar HM Ghufron Yusuf melepas jamaah haji Kukar kloter I.

 

TENGGARONG - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf, melepas keberangkatan 355 Calon Haji (Calhaj) yang tergabung dalam Kloter pertama Jamah Haji Kukar, Sabtu (22/9) usai salat Ashar di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong. Dalam sambutannya Ghufron berharap, agar semua yang telah dipelajari pada Manasik Haji semoga dapat diterapkan dengan baik.  Disamping itu, jamaah Calhaj agar memelihara kesehatan karena kondisi di tanah air jauh berbeda dengan kondisi di tanah suci Makkah.
"Haji juga merupakan ibadah fisik, jadi jaga kondisi tubuh agar mampu melaksanakan ibadah hingga tuntas," ujarnya.Ghufron juga menyampaikan beberapa pesan utama kepada Calhaj yaitu, para Calhaj diminta untuk menjaga kemurnian niat hingga rangkaian ibadah haji berakhir. Selain itu Calhaj diingatkan supaya jangan beribadah melmpaui batas kemampuan fisik, minimal jalankan sesuai rukun haji. Berikutnya, Calhaj di imbau untuk menjalin Silaturahim yang baik dengan sesama Muslim yang ditemui.  Serta, di ingatkan juga agar Calhaj berupaya bergaya hidup hemat, sehat dan sederhana, sabar dan taat aturan, karena jika berbelanja berlebihan dapat mengganggu kemurnian ibadah.Selanjutnya jika berkomunikasi dengan sanak saudara di tanah air, lakukan dengan efektif dan jangan sampai mengganggu kekkhusyukan ibadah. 
"Serta jaga kekompakan dan kerjasama antar sesama jamaah, dengan kerjasama keadaan yang berat akan dapat teratasi," pesannya.Hadir pada acara itu unsur Forum Koordiasi Pimpinan Daerah Kukar, Asisten Bidang Kesra dan Humas Setkab Kukar H Bahrul, dari Kemetrian Agama Kukar, Majelis Ulama Indonesia Kukar serta  beberapa kepala Instansi dilingkungan Pemkab Kukar.Usai berdoa bersama, 355 Calhaj tersebut diangkut menggunakan delapan bus menuju asrama haji di Balikpapan. Lalu Calhaj kloter I Kukar akan diberangkatkan ke esokan harinya (23/9) menuju tanah suci.Saat hendak memasuki bus tersebut isak tangis Calhaj dan sanak keluarga yang sudah memadatai masjid Agung sejak pagi mulai pecah. Mereka tak kuasa menahan haru sekaligus terselip rasa bangga  melepas kepergian orang tua atau saudara dekat mereka untuk memenuhi panggilan sang Pencipta menjalankan rukun Islam yang ke lima di tanah suci. 
Bahkan sangking banyaknya para pengantar, pihak keamanan yang terdiri dari Satpol PP KUkar dan Security Masjid harus bekerja ekstra untuk memudahkan kelancaran masuknya Calhaj ke dalam bus. Pasalnya para pengantar berebutan untuk sekedar bersalaman dengan keluarganya sehingga menutupi jalan bus.
Untuk diketahui bahwa secara keseluruhan jamaah Calhaj Kukar tahun ini berjumlah 497 orang, ditambah dua orang petugas kesehatan dan dua petugas Haji.  Jamaah tertua berumur 87 tahun dan termuda 23 tahun.  (hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini93 pengunjung
Minggu Ini1.109 pengunjung
Bulan Ini4.794 pengunjung
Total Pengunjung75.386 pengunjung
Total Klik1.979.171 Kali