PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wajib Sebuah Kota Memiliki Hutan Kota

Kemasyarakatan    9 tahun yang lalu   
   1658 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Salah satu masalah penting yang dirasakan masyarakat adalah berkurangnya rasa nyaman sebagai akibat dari meningkatnya suhu udara di daerah perkotaan.  Dan ini pun dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di Kota Raja Tenggarong.Kepala Dinas Kehutanan dan perkebunan Kukar melalui Kabid RHL(Rehabilitasi Hutan dan Lahan) Titin Rahayu saat ditemui di ruang kerjanya terkait masalah pentingnya hutan Kota bagi kelestarian lingkungan mengatakan bahwa Hutan Kota  merupakan suatu hamparan lahan yang ditumbuhi pepohonan dan masih berada di lingkungan tata ruang kota baik pada tanah negara maupun tanah hak yang ditetapkan sebagai hutan kota oleh pejabat yang berwenang.
 
Menurut Titin,  Hutan kota dapat dibangun untuk mengelola lingkungan perkotaan agar pada saat siang hari suasana tidak terlalu panas, sebagai akibat banyaknya jalan aspal, gedung-gedung, dan lain-lain. sebaliknya pada malam hari dapat lebih hangat karena tajuk pepohonan dapat menahan radiasi balik (reradiasi) dari bumi. Selain itu, tujuan penyelenggaraan hutan kota merupakan wujud kelestarian, keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur  lingkungan, sosial dan budaya. Hutan kota juga berguna untuk memperbaiki dan menjaga iklim mikro dan nilai estetika, peresapan air, menciptakan keseimbangan, keserasian lingkungan fisik kota dan mendukung pelestarian keanekaragaman hayati.
 
Penunjukan hutan kota biasanya dilakukan berdasarkan Penunjukan lokasi dan luas hutan kota yang dilakukan oleh Walikota atau Bupati berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Perkotaan. Lokasi hutan kota merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wilayah Perkotaan dan terhadap tanah hak yang ditunjuk sebagai lokasi hutan kota diberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Ia juga menjelaskan bahwa Luas hutan kota dalam satu hamparan paling sedikit 0,25 hektar dan Persentase luas hutan kota paling sedikit 10% dari wilayah perkotaan atau disesuaikan dengan kondisi setempat. 
”Kami siap menangani hutan kota secara teknis,” ujarnya. Untuk masalah lahan, Dinas Kehutanan masih menunggu daerah-daerah mana yang ditunjuk sebagai lahan hutan kota oleh Pemkab Kukar. RTH sangat penting, mengingat tumbuh-tumbuhan mempunyai peranan sangat penting dalam alam, yaitu dapat dikategorikan menjadi fungsi lansekap (sosial dan fisik), fungsi lingkungan (ekologi) dan fungsi estetika (keindahan).Ia juga berharap hutan kota dapat memenuhi tingkat kenyamanan karena hutan kota dapat memodifikasi iklim mikro untuk mendapat lingkungan yang lebih nyaman dibandingkan dengan di luar hutan kota. “Jangan lupa bahwa yang paling penting adalah penanaman pohon-pohon yang menjadi khas daerah sehingga hutan kota akan mempunyai ciri spesifik dan dapat dijadikan objek wisata nantinya. (hmp09).

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini55 pengunjung
Minggu Ini1.054 pengunjung
Bulan Ini4.792 pengunjung
Total Pengunjung75.677 pengunjung
Total Klik1.985.702 Kali