PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Warga SKB Tenggarong Disuluh Penguatan Kelembagaan TUK

Kemasyarakatan    3 tahun yang lalu   
   309 Kali

Sumber Foto: Kepala SPNF SKB Tenggarong Bukhori saat membuka sosialisasi penguatan kelembagaan TUK. (Foto: Irwan Wadi)

TENGGARONG -Sebanyak 40 orang warga belajar Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), mengikuti Sosialisasi dan Penguatan Kelembagaan TUK (Tempat Uji Kompetensi) bekerjasama Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dirjend PAUD dan Dikmas Kemendikbud di Aula TUK Satuan Pendodokan Non Formal (SPNF) SKB Tenggarong, Kamis (27/7/2017).

 
 
Kegiatan tersebut dibuka Kepala TUK SPNF SKB Tenggarong Bukhori, S.Pd dihadiri oleh Hj Indra Siswandari sekaligus sebagai pemateri dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tata Busana (LSK TB) Jakarta. "Sosialisasi ini bertujuan membantu persiapan TUK bagi warga belajar untuk mengikuti uji kompetensi tata busana level II," kata Bukhori. Bukhori juga mengapresiasi atas bantuan sosialisasi yang diberikan kepada warga belajar dalam program uji kompetensi pada lembaga penyelenggara kursus dan satuan PNF. "Saya berharap semua warga belajar yang sudah mengikuti sosialisasi ini dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti uji kompetensi mulai level dasar hingga level II," ujarnya.
 
 
Ditambahkan Bukhori menyakini, meningkatnya kualitas kelembagaan TUK, penyelenggaraan uji kompetensi semakin profesional, sehingga para lulusan warga belajar nantinya diakui Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). "Penguatan lembaga TUK ini harus terus berjalan, tentunya memerlukan semua dukungan termasuk sinergi bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dilingkungan Pemkab Kukar. Mudahan apa yang kita harapkan berjalan optimal dalam memberikan pembekalan kepada warga belajar, mandiri dan sejahtera,". Harapnya.
 
 
Dalam Sosialisasi Penguatan Kelembagaan TUK (Tempat Uji Kompetensi) Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dirjend PAUD dan Dikmas Kemendikbud melalui Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tata Busana (LSK TB), disampaikan Hj Indra Siswandari menyebutkan bahwa sertifikasi sangatlah penting bagi warga belajar dalam pengembangan kompetensi di dunia usaha.
 
"Sertifikasi tata busana bagi warga belajar penting untuk dimiliki, karna ini salah satu modal dalam pengembangan potensi tata busana yang diakui Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)," kata Indra saat memberikan pembekalan kepada warga belajar Sanggar Kegiatan Belajat (SKB) Tenggarong di Aula TUK SPNF SKB Tenggarong, Kamis (27/7/2017).
 
Menurut Indra, sebelum mengikuti uji kompetensi terlebih dahulu peserta harus mengikuti pelatihan, sehingga ketika menghadapi ujian semua sudah dipersiapkan. "Saya berharap warga belajar yang akan mengikuti uji kompetensi tata busana betul-betul mengerti, apa yang diujikan sehingga bisa mempraktekkannya di depan penguji dengan benar," ujarnya.
 
 
Bahkan diungkapkan Indra, ada wilayah yang terpencil dimana semua pesertanya tidak ada yang lulus uji kompetensi. Setelah dicek ternayata instruktur yang memberikan pembekalan kurang menguasai materi dan ini perlu perhatian agar daerah itu bisa lebih bagus lagi. "Kami sudah mengirimkan buku-buku panduan yang diperlukan, sebagai bahan pembelajaran tata busana. Sebelum uji kompetensi dilakukan LSK TB akan datang satu hari sebelumnya untuk memberikan pembekalan," kata Indra. (Margini S Prasetya/Medsi01)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini72 pengunjung
Minggu Ini1.071 pengunjung
Bulan Ini4.809 pengunjung
Total Pengunjung75.694 pengunjung
Total Klik1.986.014 Kali