PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Workshop Pengemasan Produk Wisata

Objek Wisata    6 tahun yang lalu   
   872 Kali

Sumber Foto: Asisten IV Setkab Kukar Haji Bahrul Saat Membuka Workshop Pengemasan Produk Wisata 2014.

TENGGARONG – Sektor kepariwisataan perlu terus dikembangkan dan harus mendapat dukungan dari pemerintah, swasta dan masyarakat. Salah satu upaya untuk mempersiapkan dan menyambut kunjungan wisatawan perlu dilaksanakan workshop pengemasan produk wisata sebagai upaya dalam peningkatan SDM  khususnya disektor pariwisata mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, mitra kerja terkait dan masyarakat.
 
Demikian dikatakan   Asisten IV Bidang Kesra,Humpro dan Ortal Setkab Kutai Kartanegara, Haji Bahrul, Selasa  ( 30/9 ) ketika membuka workshope pengemasan produk wisata Tahun 2014 di Pondok Jajak Indah Kelurahan Timbau Tenggarong, yang digeber  oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara.
 
Bahrul juga mengatakan, keberadaan produk wisata tidak hanya bermanfaat bagi para anggotanya tetapi juga dapat berperan sebagai penggerak pembangunan pariwisata guna mendorong suksesnya pembangunan nasional. Untuk itu ia berharap melalui workshop ini agar kemasan produk wisata swadaya dan swakarsa masyarakat yang dalam aktivitas sosialnya dapat meningkatkan pemahaman tentang kepariwisataan, meningkatkan usaha para anggotanya dan menyukseskan pembangunan kepariwisataan.
 
Hadirnya produk kemasan yang dibuat pabrik, bukan berarti kerajinan tangan terpinggirkan, melainkan memaksa untuk bisa mengadopsi teknologi maju produk – produk olahan sendiri agar dapat bersaing dengan daerah lain. Produk yang dikemas hingga asosorisnya sebagai pelengkap pada dasarnya tidak hanya sekedar indah secara fisik dan bernilai seni saja, namun hendaknya produk – produk tersebut mempunyai tampilan kreasi pengrajin yang mampu memberikan inspirasi agar melalui produk – produk tersebut dapat menghasilkan nilai jual yang tinggi pada konsumen. Potensi dibidang produk olahan makanan dan hasil kerajinan dapat menjadi salah satu produk unggulan daerah sekaligus untuk menunjukan identitas dan budaya bangsa ditengah – tengah kehidupan masyarakat yang dinamis dan ketatnya persaingan di era globalisasi, tambah Bahrul.
 
Sementara itu, menurut ketua panitia pelaksana Achmad Herwansyah yang juga Kepala Bidang Distinasi Disbudpar Kaltim , mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pembangunan di Provensi kaltim khususnya, salah satunya pembangunan di bidang Pariwisata kaltim, selain itu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang produk yang akan dikemas sekaligus mendukung peningkatan ekonomi masyarakat setempat dalam mengelola dan menghasilkan karya seni, kerajinan dan makanan sehingga dapat menjadi destinasi unggulan didaerah, serta memperkenalkan dan mengetahui bagaiman caranya masyarakat dilingkungan dan sekitar obyek wisata dapat mempelajari olahan hasil produk tersebut.
 
Kegiatan ini diikuti 50 ( lima puluh ) peserta yang terdiri dari para pengrajin yang tergabung dalam KUKM dan pengumpul yang ingin memperluas wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana produk hasil kerajinan dan hasil olahan yang dibuat dan di kemas. Adapun materi yang diberikan meliputi peningkatan kemampuan, pemahaman dan wawasan para pengrajin terhadap pengemasan produk wisata yang disampaikan oleh para narasumber  yang berasal dari Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kaltim, Disbudpar Kukar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kaltim. Melalui kegiatan workshop pengemasan produk wisata ini, kita wujudkan citra dan image positif Kalimantan Timur sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia  menuju Kaltim Bangkit 2018, jelas Achmad Herwansyah. ( hmp 4 ).

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini72 pengunjung
Minggu Ini1.259 pengunjung
Bulan Ini5.021 pengunjung
Total Pengunjung78.268 pengunjung
Total Klik2.082.105 Kali