PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Balitbangda Seminarkan Hasil Kajian Situs Kerajaan Kutai Martadipura

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    81 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kutai Kartanegara (Kukar), menggelar seminar hasil kajian pengembangan terhadap kajian situs kerajaan Kutai Martadipura di Kecamatan Muara Kaman.

 

Seminar digelar di aula Balitbangda Kukar, Jumat (17/12).

 

Kepala Balitbangda Kukar Didi Ramyadi mengatakan, kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Ada sekitar abad ke 5 masehi, hal itu dibuktikan dengan 7 prasasti Yupa. Kerajaan Kutai mengalami kejayaan pada masa Raja Mulawarman dengan wilayahnya yang luas dan masyarakatnya yang sejahtera.

 

Menurutnya untuk menggali berbagai bukti akelologi sejarah peninggalan Kerajaan Kutai, Balitbangda melakukan tahapan riset yang dimulai sejak 2004, bekerjasama dengan tim peneliti dari perguruan tinggi dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kaltim.

 

"Harapan kita hasil riset dan pegembangan yang dilakukan dapat memperkaya referensi kususnya tentang keberadaan situs Kerajaan Kutai Martadipura," harapnya.

 

Peneliatan tersebut merupakan pengembangan dan pendalaman terhadap penelitian yang telah dilakukan pada 2006 lalu, dengan temuan jejeka arsitektur dan candi A yang diduga situs atau non situs, kedua obyek tersebut terletak di Desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman.

 

Jadi penelitain ini untuk memperoleh data dan informasi jejak peradaban sungai di sekitar Tanjung Serai dan mengetahi makna keberadaan dan manfaat jejak struktur bata yang diduga situs atau non situs .

 

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Kaltim, Budi Istiawan yang juga narasumber kegiatan itu mengatakan, pertemuan tersebut penting tak hanya sekedar menyampaikan laporan progres kajian Balitbangda dan akademisi, tapi juga merupakan kesempatan baik untuk berdiskusi, dalam rangka mengetahui apakah study yang dilakukan dua tahun terakhir tentang sejarah Kutai Kartanegara terdapat hal-hal yang baru untuk ditampilkan.

 

"Oleh sebab itu, kajian sejarah tentang Kutai Kartanegara menjadi lahan yang subur bagi para peneliti akademisi untuk menggaungkan bahwa negera kita ini termasuk Kukar, kaya warisan budaya," ujarnya.

 

Acara tersebut juga dihadiri Organisasi Perangkat Daerah terkait, peneliti dan akademisi. (prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini97 pengunjung
Minggu Ini2.078 pengunjung
Bulan Ini8.032 pengunjung
Total Pengunjung132.857 pengunjung
Total Klik3.236.748 Kali