PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Serahkan Sertifikat Warga dan Bantuan Kursi Roda

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    3 minggu yang lalu   
Administrator    54 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi Camat Tenggarong Sungkono dan Lurah Loa Tebu Rahimudin melakukan penyerahan sertifikat tanah warga Kelurahan Loa Tebu dan bantuan kursi roda di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Loa Tebu pada Minggu, (8/1).

 

Lurah Loa Tebu Rahimudin dalam laporannya mengatakan sertifikat warga Kelurahan Loa Tebu yang masuk melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kukar tercatat sebanyak kurang lebih 1.000 bidang tanah.  

Dalam perkembangannya, yang memenuhi persyaratan lahanya sebanyak 886 bidang, hal ini terkait tata ruang, ada yang masuk bantaran sungai, ada yang termasuk permukaan air jadi tidak bisa terlaksana. 

“Harapan kami, sisa kekurangan sebanyak 114 bidang bisa dilaksanakan di tahun 2023 ini untuk penggantinya,” ujar Rahimudin. 

 

Terkait bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Kukar yaitu sebanyak 2 (dua) buah yang diserahkan kepada Ibu Rabayah warga RT. 06 dan Ibu Hami warga RT. 20.  

Pada kesempatan tersebut, Lurah Loa Tebu mewakili parat RT juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas Program Idaman yang diluncurkan Pemkab. Kukar melalui pembangunan berbasis RT yaitu 50 juta per RT.   

“Untuk tahun 2022, semua barang telah diterima RT seperti mesin rumput dan motor. Dengan mesin rumput, gotong royong bisa lebih cepat selesai, contohnya membersihkan lapangan bola yang ada di Loa Tebu yang dimulai dari jam 8 pagi, jam 12 siang sudah selesai dengan turunnya para Ketua RT,” ujar Lurah Loa Tebu tersebut menjelaskan.

 

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya menjelaskan bahwa di dalam sertifikat yang diterima warga masih tertulis kata “terhutang”. 

Ini artinya warga masih memiliki kewajiban membayar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Tetapi untuk diketahui, biaya tersebut sudah ditanggulangi oleh Pemerintah Kabupaten. “Melalui RT dan Lurah agar dikoordinir kepada warga yang sudah menerima sertifikat, dikoordinasikan dengan Bapenda agar tidak ada lagi cap nya terhutang,” tegas Edi.

Edi berpesan kepada warga agar menyimpan sertifikat dengan baik karena sertifikat adalah bukti kepemilikan hak atas tanah.  

Edi menjelaskan bahwa Presiden RI, Joko Widodo menetapkan kebijakan secara nasional pensertikatan seperti PTSL ini, tujuannya untuk membantu masyarakat supaya aspek legalitas kepemilikannya jelas, karena selama ini banyak tanah-tanah warga yang tidak memiliki surat. Presiden meminta kepada Kepala Daerah untuk melaksanakan program tersebut.  

Tujuan lainnya adalah untuk akses permodalan. Apabila diperlukan bagi mereka yang memiliki usaha dan memerlukan modal bisa dibawa ke bank sebagai agunan. 

 

Akan tetapi, untuk di Kukar ada yang namanya Kredit Kukar Idaman di Bank Kaltimtara, tanpa agunan dan tanpa bunga. 

“Jadi apabila warga mau berusaha mikro seperti pembuatan kue dan usaha lainnya bisa mendapatkan kredit melalui Kredit Kukar Idaman yang sebelumnya harus melengkapi persyaratan berupa keterangan dari RT dan Lurah dengan catatan belum ada permasalahan pinjaman di bank lain,” ujar Edi. 

Edi juga mengingatkan, selain menjaga sertifikat yang sudah ada, agar secara fisik juga menjaga objek tanah yang telah disertifikatkan dengan diberikan tanda berupa patok. 

“Karena sertifikat yang sudah selesai ini ada yang sudah berbentuk rumah dan ada yang masih berupa tanah kosong. Apalagi dengan Kukar ditetapkan sebagai IKN, persoalan tanah di Kukar menjadi sangat rawan, dijaga dengan baik karena merupakan aset yang kita miliki,” pesan Edi.  

 

Untuk kursi roda, Edi berpesan agar dimanfaatkan dengan baik untuk mempermudah orang tua yang sedang mengalami sakit. “Kepada pihak keluarga agar dapat mengurus orang tuanya karena sudah menjadi kewajiban anak untuk merawat dan menjaga orang tuanya. Pemerintah hanya bisa membantu peralatan. Apabila ada kendala, silahkan datang kepada Lurah dan Camatnya,” ujar Edi menegaskan.(Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini34 pengunjung
Minggu Ini2.814 pengunjung
Bulan Ini11.598 pengunjung
Total Pengunjung275.662 pengunjung
Total Klik12.542.131 Kali