PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dukung Program BIAN, Maslianawati Ajak Masyarakat Lindungi Keluarga dari Penyakit Campak Rubella

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    80 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati Edi Damansyah yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kukar, menghadiri pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sekaligus dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kamis (19/5/2022).

 

Acara tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Jembayan bekerjasama dengan Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Loa Kulu, Koramil dan Polsek Loa Kulu.

 

"Pelaksanaan BIAN pada bulan Mei ini bertujuan untuk mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi," ujar Maslianawati.

 

Menurutnya dengan BIAN akan menghentikan tarnsmisi virus campak dan rubela, juga mempertahankan Indonesia bebas Polio dan mewujudkan eradikasi polio global pada tahun 2026, serta mengendalikan penyakit difteri dan pertusis.

 

"Artinya BIAN ini sebagai upaya melindungi anak Indonesia dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi," katanya.

 

Dikatakannya, BIAN tahap 1 ini diberikan imunisasi Campak Rubela kepada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 12 tahun, yang bisa didapatkan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Sekolah, dan Pos Imunisasi lainnya seperti halnya di Desa Jembayan tersebut.

 

Selanjutnya Maslianawati mengajak masyarakat untuk bersama-sama melindungi diri dan keluarga dari penyakit campak rubella, salah satu yang telah diprogramkan secara rutin dalam upaya pencegahan penyakit adalah pemberian imunisasi kepada sasaran tertentu, termasuk melalui BIAN 2022 ini.

 

"Ayo lindungi diri kita dari kesakitan dan kecacatan akibat penyakit campak rubella, mencegah lebih baik daripada mengobati. Ayo bawa anak etam ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Sekolah, dan Pos Imunisasi lainnya untuk imunisasi," ajaknya.

 

Mengingat pentingnya upaya pencegahan ini, maka imunisasi termasuk menjadi program nasional, dalam rangka melindungi yang bersangkutan dan masyarakat sekitarnya dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, seperti halnya pandemi Covid-19 yang terjadi dalam 2,5 tahun terakhir.

 

Dikatakannya, secara umum terjadi penurunan cakupan vaksinasi rutin (dasar dan lanjutan) di Indonesia. Menyikapi hal tersebut maka dilakukan percepatan pemberian vaksinasi tambahan melalui kegiatan BIAN yang secara khusus akan memberikan imunisasi tambahan campak-rubella serta melengkapi dosis imunisasi polio, dan DPT, HB, Hib yang terlewat, yang akan dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan, sekolah maupun pos imunisasi.

 

"Vaksinasi yang diberikan pada sasaran kegiatan BIAN ini tentu saja sudah dipersiapkan dengan memenuhi aspek keamanan dan kualitas yang baik," demikian ujarnya.

 

Untuk diketahui, pada acara yang juga dirangkai dengan pemberian bingkisan untuk anak SD dan TK itu Ketua TP PKK Kukar Maslianawati juga didampingi Ketua TP PKK se Kecamatan Loa Kulu.(Prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini359 pengunjung
Minggu Ini3.155 pengunjung
Bulan Ini13.264 pengunjung
Total Pengunjung196.891 pengunjung
Total Klik7.786.679 Kali