PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Hebat! PAUD Kukar Raih Juara 1 Lomba Apresiasi PAUD Tingkat Provinsi, Wakili Kaltim ke Tingkat Nasional

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    555 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kutai Kartanegara (Kukar) yang diwakili oleh Kecamatan Marangkayu berhasil meraih Juara 1 dalam perhelatan Apresiasi Bunda PAUD Kaltim 2021 yang dilaksanakan di Hotel Horison Balikpapan, Sabtu (30/10/2021) siang.

 

Bunda PAUD Marangkayu Lili Herlina mewakili Kukar bersaing dengan delapan peserta dari kabupaten/kota se-Kalimantan Timur (Kaltim) pada kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim itu. 

Dia pun menerima piala yang diserahkan oleh Kasi Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Kaltim Hj Lisdiana. Atas torehan itu, Lili akan mewakili provinsi Kaltim pada perhelatan Apresiasi Bunda PAUD Nasional 2021 nanti.

 

Lisdiana mengungkapkan, ajang bagi Bunda PAUD ini sebagai upaya peningkatan kapasitas tenaga pengajar menuju PAUD berkualitas. "Melalui momentum ini, saya berharap kinerja Bunda PAUD dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab demi terciptanya generasi muda yang unggul dan berkualitas," ujarnya

 

Pemprov Kaltim, kata dia, terus mendorong peningkatan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan khususnya di tingkat TK dan PAUD. Ini dimaksudkan agar para guru di kabupaten/Kota, kelurahan dan desa tidak lagi ada yang masih berpendidikan setara SLTA. Melainkan semuanya berijazah strata satu (S1). Ini merupakan upaya pemerintah untuk membangun kualitas pendidikan yang bermutu, dimulai dengan penyediaan tenaga pengajar yang berkualitas, disusul dengan perbaikan berbagai infrastruktur. 

 

"Dan untuk upaya peningkatan mutu pengajar lainnya seperti menyediakan biaya beasiswa para guru-guru untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, tentunya semua ini agar pendidikan para pendidik PAUD bisa sesuai standar yang ditentukan,” sebutnya. 

 

Lisdiana mengucapkan selamat kepada PAUD Kabupaten Kukar yang sudah meraih Juara 1 dengan program Alat Permainan Edukasi (APE) yang ditampilkan. Harapannya itu dapat memenuhi upaya dalam mendidik anak usia dini, serta diharapkan mampu bersaing di tingkat nasional mengharumkan nama Provinsi Kaltim.

 

Terpisah, Lili Herlina mengatakan semua ini tidak terlepas dari upaya Pemkab Kukar melalui Disdikbud Kukar serta kerja keras, kerja cerdas, peran aktif, komitmen dan ketulusan Bunda PAUD Kukar Hj Maslianawati Edi Damansyah yang melakukan perubahan. Mendongkrak peningkatan kualitas tenaga pengajar khususnya Bunda PAUD di kecamatan maupun di desa-desa agar bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pendidikan dan edukasi terhadap anak usia dini.

 

"Guna mewujudkan tenaga pendidik yang berkualitas sejak dini sehingga terciptanya generasi berkualitas di Kabupaten Kukar," ujarnya.

 

Disdikbud Kukar, lanjutnya, kiranya dapat lebih serius lagi meningkatkan dan membangun iklim pendidikan maupun SDM di Kukar agar lebih baik, berkualitas dan unggulan. Salah satunya dengan meningkatkan dan menyetarakan pendidikan para guru guru PAUD sesuai standar yakni S1.

 

“Anak usia dini merupakan generasi emas yang benar-benar memerlukan tenaga pendidik atau para guru yang berkualitas. Sehingga diharapkan, dengan pendidikan yang tinggi, Bunda PAUD dapat terus mendorong terhadap perkembangan gemar membaca, membangun kesiapan usia dini dalam mempersiapkan sekolah dasar, serta yang lebih penting adalah membangun karakter anak usia dini,” ujarnya. (Prokom 09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini104 pengunjung
Minggu Ini2.085 pengunjung
Bulan Ini8.039 pengunjung
Total Pengunjung132.864 pengunjung
Total Klik3.237.022 Kali