PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kembali Buka Bimbingan Pusaka Sakinah di Loa Kulu, Maslianawati Beri Pemahaman Tingkatkan Kualitas Kehidupan Rumah Tangga

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    5 bulan yang lalu   
Administrator    111 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Ketua Tim Penggerak PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah kembali membuka kegiatan bimbingan program Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah, di Kantor BPU Desa Loa Sumber, Kecamatan Loa Kulu pada Kamis (2/11/21).

 

Acara ini merupakan kegiatan ke 5 Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Kukar, bekerjasama dengan Pokja 1 PKK Kukar.

 

Maslinawati mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dalam meningkatkan kualitas kehidupan rumah tangga yang baik dan sebagai salah satu upaya mengurangi angka perceraian di wilayah Kukar.

 

Maka dari itu, dia memberikan pemahaman bagi masyarakat yang masih lajang hendaknya mengenali lebih dalam calon pasangan sebelum memutuskan untuk menikah.

 

"Sebelum janur kuning melengkung kita masih bisa membatalkan dan masih bisa mengenal dan mengetahui bebet, bobot, bibit pasangan kita. Jangan sampai menyesal dan salah memilih, pernikahan satu kali seumur hidup," ujar Maslianawati saat memberikan arahan.

 

Dia berharap, pernikahan di Kukar dapat mempedomani aturan. Hal ini demi mencegah terjadinya perceraian. Minimal, kata dia, yang bersangkutan sudah berusia 19 tahun dan yang terpenting pernikahannya harus tercatat oleh Kantor Urusan Agama (KUA).

 

"Agar bila terjadi masalah di kemudian hari bisa diselesaikan secara hukum negara," harapnya.

 

Bila ingin langgeng dan berumah tangga dengan baik, menurutnya haruslah bisa menahan ego masing-masing. Terutama perempuan yang kerap kali tinggi egonya, semisal tidak melontarkan pertanyaan bertubi-tubi kepada suami sepulangnya dari bekerja.

 

"Beri jeda agar suami bisa nyaman terlebih dahulu baru lakukan percakapan," ujarnya memberi contoh.

 

Selain meningkatnya angka kehamilan, angka perceraian juga ikut meningkat di masa pandemi Covid-19. Menurutnya ini dikarenakan masalah ekonomi yang terpuruk selama pandemi.

 

Dia berpesan kepada para calon pengantin untuk tetap saling menjaga, saling pengertian dan saling percaya karena itu semua merupakan salah satu kunci dalam berumah tangga.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Loa Kulu Ardiansyah, Kabag Kesra H. Mulyadi, Ketua PKK Loa Kulu dan para pengantin dan calon pengantin yang ada di Loa Kulu. (Prokom08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini308 pengunjung
Minggu Ini4.373 pengunjung
Bulan Ini16.110 pengunjung
Total Pengunjung180.937 pengunjung
Total Klik5.415.751 Kali