PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

KWT Diharap Aktif Berpartisipasi Dalam Pemanfaatan Pekarangan Rumah Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Rumah Tangga

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    8 bulan yang lalu   
Administrator    53 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sukhrawardy, menginginkan Kelompok Wanita Tani (KWT) aktif berpartisipasi didalam upaya  pengembangan, penyediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dari pangan alternatif.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri pelantikan pengurus KWT Kecamatan Marang Kayu di kampung Kopi Luak Desa Perangat Baru, Selasa (25/08/2020).

Sukhrawardy membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah, KWT diharapkan mampu membangun  usaha produktif skala rumah tangga dengan memanfaatkan hasil pertanian.

Terutama mengembangkan sumber pangan alternatif, khususnya pemanfaatan pekarangan rumah untuk dijadikan lahan bercocok tanam.

Sehingga dapat membantu membangun dan meningkatkan sektor pertanian di Kukar.

"Atas nama pemerintah kabupaten, KWT diharapkan aktif berpartisipasi dalam upaya pengembangan, penyediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dari pangan alternatif," kata Sukhrawardy.

Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian  RI, kata Sulhrawardy, harus disinkronkan dan disinergikan dengan pemerintah kabupaten melalui Gerakan Kukar Menanam.

 

"Melalui gerakan ini diharapkan Kabupaten Kukar tetap menjadi lumbung pangan di Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu akan mendorong dan memotivasi generasi muda kita agar mau dan berkontribusi dalam pembangunan pertanian.  Salah satu strategi dalam meningkatkan minat generasi muda ini adalah melalui moderenisasi alat pertanian kita," kata dia.

Sukhrawardy menjelaskan, melalui Gerakan Kukar Menanam, pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan tidur menjadi lebih produktif. Agar memberikan nilai tambah bagi ekonomi keluarga.

KWT dan PKK dapat menjadi ujung tombak dalam pemanfaatan pekarangan rumah tangga, tentunya hal ini sangat relevan dengan 10 program pokok PKK, tepatnya pada program ketiga, yakni soal pangan.

"Dalam hal pangan, KWT dan PKK diharapkan dapat membuat demplot-demplot pemanfaatan pekarangan, antara lain dengan menanam tanaman yang bermanfaat. Seperti sayuran, ubi-ubian, buah-buahan, dan bumbu-bumbuan," kata Sukhrawardy.

KWT juga dianjurkan  memelihara unggas dan ikan untuk penyediaan protein bagi keluarga. Sehingga sebagian pemenuhan kebutuhan hidup keluarga dapat dipenuhi dari pekarangan sendiri. 

Hal tersebut juga merupakan bagian dari strategi penanganan dan penanggulangan kemiskinan melalui pengurangan beban biaya hidup rumah tangga miskin.

"Dengan pemenuhan sebagian kebutuhan hidup dari pekarangan sekaligus dapat menjadi sumber pendapatan keluarga," kata Sukhrawardy. (Prokom 02*)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.346 Kali