PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

KWT Panji Gelar Pelatihan Produk Olahan Cabe, Dibuka oleh Camat Arfan Boma

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    85 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Camat Tenggarong Arfan Boma Pratama membuka pelatihan pembuatan olahan cabe yang diinisiasi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Panji, di Pondok Pertemuan Gapoktan Panji Sejahtera pada Kamis (16/12/2021).

 

Boma sangat mengapresiasi semangat dan kreativitas KWT Kelurahan Panji ini. Kegiatan ini diharapkan bukan sekadar seremonial saja, melainkan adanya aksi nyata dan motivasi menciptakan ide-ide dalam olahan cabe guna meningkatkan perekonomian keluarga.

 

"Semoga kita bisa lebih bersemangat dan termotivasi untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan ide kreatif serta inovatif, membangun kekuatan ekonomi keluarga khususnya," ujar Boma.

 

Boma melanjutkan, seluruh anggota KWT maupun masyarakat dapat berkomitmen dan fokus untuk mengembangkan produk-produk yang menjadi ciri khas, juga jeli melihat peluang usaha produk olahan cabe. Atas nama Pemerintah Kecamatan Tenggarong, dia berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik.

 

"Bisa menyerap dengan baik ilmu yang diberikan sehingga bisa lebih bersemangat dan mengembangkan ilmunya, serta dapat mengimplementasikannya dengan baik," tuturnya.

 

Sekarang, kata dia, eranya digital marketing. Semua penjualan sangat terbantu dengan platform digital dan seluruh peserta dapat memanfaatkan peluang pasar itu, dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat melalui produk-produk UMKM-nya.

 

"ini menjadi tantangan untuk membuat produk-produk olahan berbahan cabai yang memiliki nilai tambah dan nilai jual. Bergerak dari sini mari kita berinovasi dan lebih kreativitas membuat produk berbahan cabe dan mempromosikannya dari Internet dan media lainnya," ujarnya

 

Lurah Panji Hj Nina Martini mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap bulan. Bertujuan untuk menciptakan ide kreatif dan inovatif dalam mengolah produk olahan rumah tangga. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah kelurahan memotivasi pelaku-pelaku UMKM untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. 

 

"Selain itu dapat menghasilkan produk-produk khas dengan kemasan yang lebih baik sehingga meningkatkan penjualan, khususnya di era digital dan pasar modern,” ujarnya

 

Nina juga mengatakan, para peserta harus punya ilmu dan keahlian. Karena SDM yang mumpuni akan memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan ekonomi keluarga. "Pelatihan seperti ini dapat meningkatkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat yang," tandasnya.

 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris KTNA Kabupaten yang juga selaku Ketua KTNA Kecamatan Thoat. M dan Forkopimcam (Prokom 09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini99 pengunjung
Minggu Ini2.080 pengunjung
Bulan Ini8.034 pengunjung
Total Pengunjung132.859 pengunjung
Total Klik3.236.901 Kali