PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pelatihan Kuliner Bagi Anggota KUB Perempuan

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    6 tahun yang lalu   
   1032 Kali

Sumber Foto: 20 peserta pelatihan memproduksi aneka kuliner bagi KUB Perempuan Kecamatan Sebulu foto bersama dihadapan hasil kerja praktek selama 3 hari.(joe)

TENGGARONG – 4 Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perempuan pada 4 Desa Mandiri di Kecamatan Sebulu Kutai Kartanegara kini  lihai memproduksi  aneka kuliner berbasis makanan dan minuman ringan. Karena selama 3 hari sejak  Kamis  pekan lau mendapat  pelatihan intensif   diselenggarkan Bidang Industri  Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindakop).

Anggota KUB Perempuan ke  4 Desa Mandiri di Kecamatan Sebulu adalah  Desa Wisata Lekaq Kidau, Desa Senoni, Desa Beloro dan Desa Tanjong Langkap.  Ketua Panitia Pelaksanan Pelatihan Drs Sadarudin MM mengatakan kegiatan bagi anggota 4 KUB Perempuan di Sebulu  dibimbing 2 instruktur berpengalaman yang didatangkan dari SMKN 2 Samarinda.  Sedang materi pelatihan difokuskan untuk memproduksi makanan dan minuman ringan yang terdiri dari  21 jenis kuliner.

“Seperti membuat aneka jenis cookies dan cake, pie dan pastry,” ujarnya.  Sadaruddin    yang juga menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Produksi pada Bidang Perindustrian  Disperindakop Kukar menambahkan tujuan  pelatihan  selain menambah wawasan dan lebih memberdayakan sumberdaya manusia (SDM) perempuan. Juga  memperkuat peran KUB Perempuan sesuai program Pemkab Kukar Gerbang Raja. “Sehingga nantinya  setiap Desa di odah etam  memiliki kekhas dan keunikan kulinernya  masing-masing,” katanya. 

Menurutnya karena kedepan makanan dan minuman ringan sangat prospektif  karena   pangsa pasarnya masih terbuka lebar.  Ditambahkan  pejabat Eselon IV di lingkungan Disperindakop Kukar tersebut,  usai pelatihan   peserta    akan dibantu seperangkat alat produksi   berupa  kompor gas dan open. Sementara Kepala Dinas Perindakop Kukar diwakili Drs H Mahmud Nurdin saat membuka pelatihan mengatakan   sasaran kegiatan pelatihan  ditujukan  bagi anggota KUB Perempuan. “Terutama  yang ada di desa berstatus Mandiri,” katanya. 

Diharapkan ke 20 peserta dapat mengikuti  pelatihan   dengan tekun sehingga materi yang diberikan instruktur  dapat diimplementasikan usai mengikuti pelatihan ini. Mahmud Nurdin   mantan Camat Marangkayu  dihadapan peserta juga berharap  agar peserta  menularkan pengetahuannya ke anggota KUB Perempuan yang ada di desanya. “Sehingga pengetahuan ini dapat dikuasai semua perempuan di desa,” demikian katanya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini74 pengunjung
Minggu Ini1.261 pengunjung
Bulan Ini5.023 pengunjung
Total Pengunjung78.270 pengunjung
Total Klik2.082.201 Kali