PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

PPTI Kukar Susun Program Kerja Tahun 2022, Bupati Minta Libatkan Semua Pihak dalam Eliminasi Tuberkulosis 2030

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    53 Kali

Sumber Foto: prokom

TENGGARONG - Rapat Kerja Daerah Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kutai Kartanegara (Kukar) Masa Bakti 2021-2026 dibuka oleh Ketua PPTI Kukar Hj Fety Puja Amelia Rendi Solihin pada Jumat (3/6) pagi. Dilaksanakan di Pendopo Wakil Bupati Kukar, diikuti seluruh Pengurus Cabang PPTI Kukar. 

 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar Totok Heru Subroto turut menghadiri rakerda tersebut membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah. Bupati menyebut, penanganan Tuberkulosis (TB) merupakan program penting dalam penanggulangan penyakit menular di Indonesia, TB ditargetkan tereliminasi pada 2030. Upaya percepatan eliminasinya harus dapat dikemas dalam paket program kerja dan kegiatan tepat sasaran, efektif dan efisien.

 

"Upaya tersebut melibatkan seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan untuk memberantas kasus TB di Kukar hingga mampu mencapai eliminasi tuberkulosis sesuai target yang ditetapkan," ujarnya.

    

Edi mengapresiasi Pengurus Cabang PPTI Kukar atas terlaksananya Rakerda ini. Sebagaimana arahannya, Rakerda segera dilaksanakan setelah pengurusnya dilantik. Ini menunjukkan komitmen tinggi para pengurus dalam partisipasi aktif pemberantasan TB di Kukar. Dia berpesan agar PPTI Kukar memanfaatkan data dan informasi terkait kasus TB terupdate sebagai dasar menyusun program kegiatan tepat sasaran. 

 

PPTI Kukar diimbau dapat melibatkan partisipasi masyarakat di berbagai level dalam semua kegiatan PPTI, baik di Kecamatan, Kelurahan/Desa bahkan sampai tingkat RT/RW. "Saya juga berharap agar semua program yang direncanakan sejalan dengan program pemberantasan TB yang dilakukan oleh Pemkab Kukar," pintanya. 

 

Kunci keberhasilan penanganan TB adalah menemukan kasus dan mengobatinya sesuai prosedur hingga sembuh. Mengingat upaya pengobatan TB memakan waktu cukup lama, maka peran serta keluarga, masyarakat dan mitra lain sangat besar agar upaya penyembuhan dapat berjalan dengan baik sesuai prosedur. "Dalam Rakerda ini diharapkan dapat dirumuskan langkah konkrit terhadap penanggulangan TB. Perlu juga digagas sebuah inovasi agar terjadi percepatan penanggulan TB di Kukar," harapnya. 

 

Ketua Panitia Rakerda, Supriyanto mengatakan, akan disusun program kegiatan PPTI Kukar 2022 dalam Rakerda ini. Laporan Ketua PPTI juga disusun dalam rangka mengikuti Kongres Nasional PPTI pada bulan Juli 2022 di Jakarta. "Ini guna membangun komitmen pengurus PPTI untuk bersama menanggulangi TB hingga mampu mencapai eliminasi tuberkulosis," tandasnya.  

 

Ketua PPTI Kukar Hj Fety Puja Amelia Rendi Solihin mengatakan, TB disebabkan bakteri yang menyerang paru-paru, tak jarang juga menyerang bagian tubuh lainnya melalui aliran darah. Tanpa adanya penanganan intensif, penyakit ini bisa berakibat fatal. Maka PPTI berupaya membantu Pemkab Kukar untuk menanggulangi pasien TB. 

 

"Kami harap pengurus mencurahkan tenaga dan pikiran untuk menyusun program tindakan dan langkah nyata yang sejalan dengan pemerintah dalam memberantas TB, serta kami harap juga dukungan Pemkab Kukar untuk kegiatan kami ini," katanya.

 

Dewan Pengawas PPTI Kukar, Maslianawati Edi Damansyah berharap pengurus PPTI menguatkan fungsi dan peran nyata untuk memberantas TB. Harus lebih sering turun ke lapangan dengan melibatkan stakeholder lain khususnya Ketua RT dan Kades atau Lurah. "Jadi intinya kita harus berkolaborasi," demikian ujarnya. (prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini339 pengunjung
Minggu Ini3.135 pengunjung
Bulan Ini13.244 pengunjung
Total Pengunjung196.871 pengunjung
Total Klik7.784.216 Kali