PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Puskesmas Loa Ipuh Adakan Kelas Ibu Hamil

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    7 tahun yang lalu   
   1702 Kali

Sumber Foto: Ibu Hamil: Peserta saat melakukan gerakan senam ibu hamil.

TENGGARONG– Kehamilan merupakan anugerah tak terhingga yang diberikan oleh Sang Pencipta, untuk itu perlakukan anugerah tersebut dengan sebaik-baiknya. Berkaitan dengan itu, Puskesmas Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong mengadakan kelas bagi ibu hamil untuk membantu masyarakat demi meningkatkan pengetahuan seputar kehamilan, melahirkan, perawatan bayi baru lahir, perawatan setelah persalinan/nifas hingga KB pasca salin.

Emi Susilawati selaku koordinator SPM dan penanggung jawab kelas ibu hamil mengatakan bahwa kelas ibu hamil ini diperuntukan bagi ibu hamil dengan usia kehamilan 4 sampai 6 bulan. Dengan berharap agar para ibu ini dapat mengubah perilaku dan meningkatkan pengetahuan mengenai kehamilan dan pasca kehamilan hingga perawatan bayi. Telah dilakukan sebanyak 5 kelas dengan masing – masing kelas sebanyak 10 orang peserta.

Menurutnya senam ibu hamil sangat penting dilakukan selama masa kehamilan terutama untuk menguatkan otot-otot dasar panggul dan juga membuat lentur pada otot-otot dasar panggul sehingga memperlancar proses persalinan. Selain itu ada juga gerakan-gerakan untuk memperlancar air susu ibu sehingga pada saat melahirkan air susu ibu telah keluar dengan baik dan lancar dan sang ibu dapat menjalankan proses lakstasi dengan baik.

Ia juga berharap dengan adanya program ini para ibu hamil akan rutin memeriksakan kehamilanya yang minimal pemeriksaan adalah 4 kali selama masa kehamilan yaitu satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester ke dua dan dua kali pada trimester.
Pemeriksaan tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadi komplikasi pada saat kehamilan.

“Pemeriksaan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui bila terjadi sesuatu maka sudah diketahui sejak dini dan penanggulangannya tak membahayakan janin dan ibunya,” ungkapnya. Selain itu program ini juga dapat mengubah perilaku para ibu juga membantu program pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi terutama di Kukar.

Sementara itu salah satu peserta, Hani mengatakan bahwa program ibu hamil ini sangat membantu dalam mempersiapkan kelahiran buah hatinya yang pertama. Ia juga berterimakasih kepada para instruktur karena mendapatkan banyak pengalaman dan memperoleh ilmu mulai dari masalah gizi, senam untuk memperlancar proses persalinan hingga perawatan bayi. Hani juga berharap dengan mengikuti kelas ini ia dapat melahirkan dengan normal dan anaknya lahir dengan sehat dan sempurna. (hmp06-lina)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini62 pengunjung
Minggu Ini1.061 pengunjung
Bulan Ini4.799 pengunjung
Total Pengunjung75.684 pengunjung
Total Klik1.985.772 Kali