PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sinergi Lintas Sektor, Pemkab Kukar Percepat Penurunan Angka Stunting

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    2 bulan yang lalu   
Administrator    96 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus lakukan upaya dalam percepatan dan penurunan angka stunting dengan melakukan koordinasi dan sinergi lintas sektor melalui keterlibatan pemangku kepentingan secara terstruktur dan terukur, menyasar langsung pada kelompok sasaran.

 

Masalah stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dalam waktu tertentu dan inveksi berulang, ditandai dengan panjang dan tinggi badan anak yang berada di bawah standard.

 

“Dimasa depan anak stunting akan menghasilkan angkatan kerja yang tidak kompetitif sehingga akan susah untuk mencapai visi misi pembangunan SDM berkualitas menguasai ilmu pengetahuan berwawasan luas,”ucap Sekda Kukar Sunggono menyampaikan sambutan tertulis Bupati saat acara Pengukuhan Bapak Asuh Stunting (BAS) pada Dandim 0906/Kkr Letkol Inf Jeffry Satria, Senin (26/09) di Gedung Darmawangsa Kodim 0906/Kkr.

 

Berdasarkan peraturan Presiden nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, memberikan penekanan pentingnya pada konvergensi program dan kegiatan intervensi mencapai target prevalensi stunting hingga 14 persen Tahun 2024.

 

Dalam pelaksanaan di lapangan, tim pendamping terdiri dari bidan, kader PKK dan Kader KB akan melakukan upaya pendampingan berkolaborasi di lapangan melakukan pendampingan secara kekeluargaan yang berisiko stunting dengan melakukan pendataan, penyampaian informasi pemberian edukasi dan beberapa hal agar tidak terjadi kasus stunting dikemudian hari.

 

Salah satu pendekatan berikutnya adalah melalui program BAS. BAS dalam hal ini juga dapat memberikan bantuan kepada sasaran dengan berkoordinasi dengan OPD terkait dalam bentuk donasi uang dan donasi barang produk.

 

Percepatan penurunan stunting diharapkan adanya kerjasama yang serius antar OPD terkait dalam mewujudkan Kabupaten Kukar yang sejahtera dan bahagia generasi yang gemilang dimasa depan.

 

Pemkab Kukar mengupayakan mencegah adanya stunting, pencegahan secara dini mendeteksi kemungkinan ibu yang akan melahirkan stunting dimulai dengan mengedukasi agar tidak ada perkawinan dini dan melalui kepala KUA memastikan calon pengantin itu adalah calon yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat karena sudah suspek stunting itu agak susah sembuhnya dan malah tidak sembuh dan berulang infeksinya. “Lebih baik mencegah agar tidak ada kasus stunting baru itu target kita ke depan dengan adanya Ragapantas dan Lokus stunting di Kukar ada 21 desa,” tutupnya.

 

Sementara Letkol Inf Jeffry Satria mengatakan permasalahan stunting adalah agenda nasional salah satunya untuk mengatasi masalah stunting, TNI menjadi salah satu yang ikut mengatasinya. Di Kukar sendiri masih terdapat anak-anak yang mengalami stunting, dengan adanya program tersebut, Ia sebagai Bapak asuh stunting nanti akan melakukan pemberian bantuan masukan gizi berupa makanan tambahan. Dengan harapan bersama – sama bisa mengentaskan stunting di Kukar khususnya untuk generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa, seperti diketahui masa depan bangsa tergantung pada generasi muda.

 

“Disinilah kita dituntut untuk peduli tentang menjaga kualitas kesehatan para generasi muda, jangan sampai 10 sampai 20 tahun ke depan generasi kita terus mengalami gizi buruk, marilah bersama kita mencegah walaupun tidak banyak namun terus dilakukan, ” ujarnya.

 

Dikatakannya, upaya yang akan dilakukan juga melibatkan anggota Persatuan Isteri Tentara (Persit) Kukar, yang akan memberikan makanan bergizi hasil kreasi dari Persit, dengan harapan bisa membantu memperbaiki gizi anak – anak dan kegiatan ini akan dipantau oleh pihak Puskesemas.

 

“Semoga ini cepat terjadi perubahan dan menemukan formulasi yang tepat sehingga cepat terjadi perubahan. Kedepannya sebagai daerah yang menjadi IKN, Kabupaten Kukar bisa mempersiapkan generasi muda untuk membangun masa depan yang cerah,” harapnya.

 

Acara dirangkai dengan pemberian makanan gizi pada anak asuh stunting oleh Dandim 0906/Kkr Letkol Inf Jeffry Satria bersama Ketua Persit Kartika Candra Kirana Dandim 0906/Kkr, Sekda H Sunggono dan perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim. Selanjutnya nanti selain memberikan makanan bergizi juga uang bantuan sebesar 450 ribu rupiah perbulan selama 6 bulan untuk 6 orang anak.(Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini247 pengunjung
Minggu Ini2.741 pengunjung
Bulan Ini10.503 pengunjung
Total Pengunjung255.726 pengunjung
Total Klik11.846.454 Kali