PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sunggono Presentasikan Data Terkini Pelaksanaan dan Penanganan Relaksasi Covid-19 di Kukar

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    458 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG – Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menyampaikan presentasi masalah penanggulangan Covid-19 di Kukar. Baik yang telah lalu maupun reaksi ke depan yang akan dilaksanakan di hadapan Bupati Kukar Edi Damansyah, Dandim 0906 Tenggarong Letkol Infantri Charles Aling, Waka Polres Kukar Kompol Erick Budi Santoso, serta jajaran dinas instansi terkait, di Ruang Rapat Sekda Kukar, Tenggarong, Senin (18/1/2021).

 

Sunggono memaparkan, penyebaran Covid-19 dengan jumlah kasus dan atau jumlah kematian telah meningkat dan meluas lintas wilayah dan lintas negara. Berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan serta kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kutai Kartanegara.  Total kasus terkonfirmasi positif Kukar 5749, meninggal atau Case Fatality Rate (CFR) 109 kasus, masih menjalani isolasi/active case (AC) 845 kasus, sembuh atau case recovery (CRR) 4799 kasus. Dari 5.749 kasus terkonfirmasi positif, kasus terbanyak dari Kecamatan Tenggarong 32,9 % atau 1.893 kasus dan jumlah paling sedikit dari Kecamatan Muara Wis atau 9,6 %.

 

Sekretaris Penanganan Covid-19 Kukar tersebut juga menambahkan, pola sebaran Covid-19 diawali kasus terkonfirmasi di 7 kecamatan pada Maret, kemudian menyebar ke-18 kecamatan di Kukar. Loa Janan dan Anggana menjadi dua kecamatan yang belum pernah lepas dari terkonfirmasi Covid-19.

 

Dari 237 desa/kelurahan, terdapat 101 desa/kelurahan yang terpapar kasus aktif Covid-19. Jumlah tersebut terus meningkat dari Agustus hingga Desember.

 

Tercatat 22 desa atau kelurahan selalu masuk zona merah sejak Agustus. Sebab terdapat kasus aktif Covid-19 yang berasal dari dari tujuh kecamatan. Yakni Muara Jawa, Samboja, Loa Kulu, Loa Janan, Muara Badak, Tenggarong, dan Tenggarong Seberang.

 

Berdasarkan data pada sistem informasi rumah sakit (SIRS) online, terdapat 186 kasus terkonfirmasi positif yang dirawat di Rumah Sakit Kukar dari 859 kasus. Ketersedian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rata-rata 52 persen. 

 

Sementara ketersedian tempat tidur ICU mencapai 73 %, menandakan severty level kasus Covid-19 di Kukar sangat tinggi.

 

Sunggono juga memaparkan, penggunaan anggaran belanja tidak terduga (BTT) tahun 2020 percepatan penanganan Covid-19.

 

Saat ini, papar Sunggono, RSUD AM Parikesit sangat membutuhkan tenaga kesehatan, alat kesehatan, serta segala kebutuhan logistik dan.

 

Kemudian Bupati Kukar Edi Damansyah memberikan tanggapan, ia sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas langkah yang telah dilakukan oleh satgas Covid-19 Kukar. Ke depan, kata Edi, Pemkab Kukar selalu berusaha mendukung langkah yang dilakukan Satgas Covid demi kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. 

Namun ia mengingatkan agar segala kebutuhan harus dianalisis, jangan sampai menjadi barang temuan pada kemudian hari.

 

Edi juga berharap, hasil data bisa dijadikan perbaikan ke depannya, dukungan seluruh dinas instansi yang tergabung dalam satuan tugas penanganan Covid-19 sangatlah diharapkan bersama. Guna mata rantai Covid-19 yang sampai hari ini masih meningkat cukup pesat.

 

"Apabila perlu segera lakukan tindakan tegas terhadap pelanggar keprotokolan, dan yang tak kalah pentingnya selalu mengimbau dan mengajak masyarakat untuk tetap terus memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan di air yang mengalir," tegas Edi Damansyah. (Prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini19 pengunjung
Minggu Ini1.070 pengunjung
Bulan Ini4.200 pengunjung
Total Pengunjung68.684 pengunjung
Total Klik1.766.131 Kali