PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tata Rias Pengatin Kutai Di Seminarkan

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    7 tahun yang lalu   
   2215 Kali

Sumber Foto: Busana dan tatarias Anta Kesuma saat diperagakan dalam seminar.(joe)

TENGGARONG – Busana dan tata rias pengantin Provinsi Kalimantan Timur yang sudah dibakukan secara nasional bahkan telah dilounching kemanca negara ternyata Busana dan Tatarias Anta Kesuma. Busana ini merupakan khas Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Hal itu terungkap di seminar sehari tentang Busana dan tatarias Penganti khas Kutai Anta Kesuma dan Upacara Adat Pengatin Khas Kraton Kutai Kartanegara yang berlangsung di Kedaton Sultan Sabtu (28/12) di Tenggarong . Seminar menghadirkan 2 pembicara yaitu Ketua DPD Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) Melati Kailmantan Timur Hajjah Agustin Sani Rahman dan dari Kerabat Kesultanan Kutai Drs H Raden Nata Kesuma.

Seminar yang dimoderatori Sekretaris sultan Kutai Dr Haryanto Bahrul ini dihadiri penata rias dan pengusaha salon kecantikan yang ada di Kaltim. Agustin Sani Rahman dalam paparannya mengatakan jika busana dan tatarias pengantin Kutai Anta Kesuma telah ditetapkan sebagai salah satu busana pengantin nasional yang berasal dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Penetapan busana dan tatarias pengantin Anta Kesuma itu telah dilakukan saat Kongres Dewan Pimpinan Pusat Harpi di kota Jogya 2001 lalu.

“Dan secara internasional Anta Kesuma telah di lounching pada pagelaran Asia Facific Bridal Summit di Osaka Jepang tahun 2002,” ujarnya. Menurutnya sekarang bagaimana busana dan tatarias Anta Kesuma yang merupakan produk dari kearifan lokal itu dilestarikan sesuai pakemnya. Sementara Raden Nata Kesuma mengulas tentang busana antara kesuma berikut asesoris yang menyertainya. Kemudian juga disamopaikan tata upacara adat perkawinan bangsawan Kutai.

Menurutnya busana dan tatarias anta kesuma biasa digunakan kerabat di lingkungan kesultanan Kutai saat melakukan perkawinan. Sesuai pakemnya busana ini didominasi warna kuning dan emas. “Mulai dari kostum hingga perhiasan yang digunakannya bernuansa kuning emas,” ujarnya. Menurutnya jika mengunakan busana dan tatarias anta kesuma selain rancangan kustumnya yang khas juga disertakan sedikitnya 35 asesoris pendukung.

“Seperti hiasan kepala terdiri dari Gorda Mangkur, Gerak Gempa, Sumping dan wanitanya Sekar Suhun hingga tata rambut yang disebut Papan Sekepeng,” katanya. Dikatakan membedakan busana anta kesuma antara kalangan bangsawan Kutai dengan orang biasa adalah pada asesoris kalung yang digunakan. “Untuk bangsawan Kutai menggunakan kalung Uncal dan kalung Tempatong sedang warga di luar kraton kalung emas biasa,” demikian katanya.(hms-DI01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini48 pengunjung
Minggu Ini1.056 pengunjung
Bulan Ini4.624 pengunjung
Total Pengunjung74.905 pengunjung
Total Klik1.964.350 Kali