PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

TP PKK Bersama Aswaja Kukar Gelar Pelatihan Fardhu Kifayah di Kembang Janggut

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    1 tahun yang lalu   
Administrator    611 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Dalam Rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam penyelenggaraan jenazah di Kutai Kartanegara (Kukar), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraaan Keluarga (PKK) Kukar bersama Majelis Taklim Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) mengadakan Pelatihan Fardhu Kifayah di Gedung BPU Desa Hambau Kecamatan Kembang Janggut, Rabu (20/10/2021).

 

Dalam Sambutannya, Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah mengatakan, adanya pelatihan fardhu kifayah ini maka diharapkan pesertanya bisa saling berbagi ilmu dalam pelaksanaan fardhu kifayah.

 

"Saya ingin agar para pemandu jenazah yang sudah ada dan yang baru saja mengikuti pelatihan bisa berbagi ilmu dengan orang lain. Paling tidak dengan adanya pelatihan ini sebelum kita melakukannya pada orang lain, kita bisa melaksanakan fardhu kifayah pada sanak saudara dan keluarga kita terlebih dahulu, baru kemasyarakat," ujarnya.

 

Dia mengharapkan, pembinaan dan pelatihan yang diberikan nantinya bisa dimengerti dan dipahami serta dapat menambah ilmu pengetahuan tentang penyelenggaraan jenazah. Sekaligus menjadi pengalaman bagi warga masyarakat maupun tokoh agama mengenai tata cara memandikan jenazah, mengkafani serta menyalatkan jenazah untuk kemudian bisa di praktikkan dalam kehidupan bermasyarakat. 

 

"Walaupun nantinya ada bilal mayat yang akan melaksanakannya, tapi setidaknya kita paham apa-apa saja tahapan-tahapan dalam mengurus jenazah tersebut," ujar Maslianawati.

 

Atas nama pribadi dan masyarakat Kembang Janggut, Camat Kembang Janggut Tego Yuwono sangat menyambut baik kegiatan ini. Tentunya pemerintah kecamatan Kembang Janggut siap menindak lanjuti atau memberikan pelatihan lanjutan kepada masyarakat yang mau bergabung dan menjadi pemandi jenazah. 

 

Menurutnya, mengurus jenazah ini sangat penting dan bagi umat Islam adalah fardhu kifayah. Untuk mengurus mayit harus mempunyai keterampilan dalam pemulasaran jenanah dan juga mengimami menyalatkan jenazah. Maka dari itu kegiatan ini diminta oleh Tego harus diikuti dengan serius dan dipahami dalam pelaksanaannya.

 

"Semoga ilmu fardhu kifayah ini semakin banyak yang mengetahui dan memberikan manfaat untuk kemaslahatan umat, serta dapat mempraktekkan sesuai dengan materi pelatihan yang sudah diberikan,” ujarnya. (Prokom 09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini34 pengunjung
Minggu Ini2.814 pengunjung
Bulan Ini11.598 pengunjung
Total Pengunjung275.662 pengunjung
Total Klik12.542.169 Kali