PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

UP2K Bantu Pasarkan Produk Masyarakat Dengan UKM Center

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    8 tahun yang lalu   
   1239 Kali

Sumber Foto: Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Kartanegara Hj. Asih Qurnia Ghufron (kaca mata) saat memberikan bantuan dana kepada ketua TP PKK Kecamatan Muara Jawa pada saat kunjungan monitoring pembinan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) pada Rabu (26/03) di Kecamatan Muara Jawa.(hmp06)

TENGGARONG– Tim Pengerak PKK Kabupaten Kutai Kartanegara yang di ketuai oleh Hj Asih Qurnia Ghufron  di damping oleh Ketua Pokja II Hj. Hamidah Erwin melakukan kunjungan monitoring pembinan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)  pada Rabu (26/03) di Kecamatan Muara Jawa.
 
Rombongan di terima oleh Camat Muara Jawa Ahmad  Junaid  yang melakukan monitoring di Kelurahan Muara Jawa Tengah  dengan tujuan untuk mengetahui dan menilai sejauh mana kegiatan UP2K PKK telah dilaksanakan di Kecamatan Muara Jawa sehingga dapat menjadi tolok ukur TP PKK Kab. Kukar untuk proses evaluasi demi kesempurnaan program – program kegiatan PKK di tahun yang akan datang.
 
Pada kesempatan tersebut TP PKK Kab. Kukar  juga menyerahkan  bantuan dana sebagai pancingan untuk program UP2K kepada  Ketua PKK Kecamatan. Selain itu Camat Muara Jawa Ahmad  Junaid juga  menyerahkan bantuan senilai Rp. 2.000.000,- untuk  pengadaan tong sampah  untuk  RT. 001 Kelurahan Muara Jawa Tengah.
 
Dalam arahanya Ketua TP PKK Kab Kukar Hj Asih Qurnia Ghufron   mengatakan Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga atau UP2K merupakan salah satu kegiatan dari 10 Program Pokok PKK yang diyakini mampu mendorong penghasilan keluarga sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.
 
Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat  dan upaya meningkatkan pemerataan pertumbuhan  ekonomi, TP PKK Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Pokja II  melakukan  pembinaan UP2K  mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, desa hingga RT.  Selain masalah  bahan baku produk, PKK juga memperhatikan masalah pengemasan dan juga pemasaran produk sehingga masyarakat tak kesulitan dalam mengembangkan produk.
 
Di PKK sendiri telah ada UKM Center yang akan membantu  masyarakat memasarkan produk. selain itu UP2K juga harus dibarengi dengan pembentukan Koperasi sebagai wadah yang paling tepat untuk menghimpun kekuatan ekonomi masyarakat dan juga dapat menjadi jalur menciptakan lapangan kerja  bagi masyarakat setempat.
“Suatu produk pasti punya resep yang sama tapi jika suatu produk memiliki keunikan  tersendiri maka produk itu akan memiliki nilai jual yang lebih dari produk sejenisnya,” ungkap Asih. Untuk itu melalui Pokja II, PKK berusaha melakukan pembinaan kepada masyarakat agar pontensi yang ada di daerahnya dapat diolah dan dimanfaatkan sehingga dapat menghasilkan produk unggulan yang bermutu dan memiliki keunikan tersendiri sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
 
Asih juga berpesan kepada masyarakat agar menggunakan bahan yang aman untuk mengolah suatu produk dan tak lupa mencantumkan komposisi bahan serta tanggal kadaluarsa dan label halal suatu produk agar masyarakat semakin sadar akan jajanan sehat yang berkualitas. (hmp06-lina)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini343 pengunjung
Minggu Ini4.408 pengunjung
Bulan Ini16.145 pengunjung
Total Pengunjung180.972 pengunjung
Total Klik5.420.429 Kali