PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Update Situasi Terkini Pandemi COVID-19 Kutai Kartanegara

Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan    10 bulan yang lalu   
Administrator    172 Kali

Sumber Foto: dinkes kukar

  1. Saat ini ketersediaan Rapid Diagnostik Test (RDT) untuk COVID-19 di Kutai Kartanegara cukup memadai, sehingga Dinas Kesehatan telah melakukan tes cepat terhadap kelompok berisiko tinggi menularkan serta kontak eratnya berdasarkan hasil pemetaan yang telah dibuat oleh tim surveilans Dinkes, salah satu kelompok berisiko tinggi ini adalah Pelaku Perjalanan dari acara Ijtima Gowa.
  2. Dari 263 orang yang sudah dilakukan tes cepat, terdapat sebanyak 21 orang dengan hasil reaktif dengan rincian 19 orang Pelaku Perjalanan dan 2 orang anggota keluarga dari 2 orang Pelaku Perjalanan tersebut. Kegiatan tes ini masih berlangsung terus di kecamatan-kecamatan yang ada d Kutai Kartanegara. Data memang berkembang dinamis di lapangan karena terdapat Pelaku Perjalanan yang baru sekarang melaporkan dirinya.
  3. Domisili Pelaku Perjalanan termasuk dengan kontak eratnya yang hasil test nya ditemukan reaktif berasal dari :
    • Muara Badak sebanyak 9 orang;
    • Tenggarong sebanyak 5 orang;
    • Sanga Sanga sebanyak 2 orang;
    • Loa Janan sebanyak 3 orang;
    • Loa Kulu sebanyak 2 orang
    • Informasi untuk kecamatan lain akan disampaikan setelah semua tes cepat selesai dilaksanakan.
  4. Saudara-saudara kita ini tidak menunjukkan gejala yang mengarah kepada COVID-19, namun jika nanti hasil swab nya positif maka status nya akan berubah menjadi Terkonfirmasi Positif.
  5. Sebagai informasi bahwa alat tes cepat yang digunakan di tahap pertama lebih berfungsi sebagai skrining awal. Saat tubuh merasa bahwa ada infeksi yang terjadi, kadar antibodi yang dikenal sebagai IgM di tubuh akan meningkat, sebagai persiapan melawan virus. Lalu, setelah beberapa saat, kadar IgM akan mulai menurun, digantikan oleh IgG yang akan muncul dalam waktu yang cukup lama. Skrining awal belum dapat membedakan yang reaktif adalah IgM atau IgG.
  6. Oleh karena itu, dilakukan beberapa pemeriksaan sebagai tindak lanjut dari hasil skrining diatas yaitu pengambilan swab tenggorok untuk pemeriksaan PCR untuk dikirim ke Surabaya dengan waktu tunggu hasil yang lumayan lama. Sambil menunggu hal tersebut pihak RSUD AM Parikesit telah berinisiatif untuk melakukan tes cepat dengan menggunakan alat tes lain yang mampu memberikan informasi terkait kadar IgM dan IgG dari seseorang. Jika yang reaktif adalah IgG saja, maka dapat dikatakan virus tidak aktif lagi didalam tubuh seseorang (sembuh tapi bukan kebal), namun jika IgM juga reaktif maka dapat disimpulkan bahwa virus masih aktif karena masih ada respon tubuh yang baru dan yang bersangkutan masih dapat menularkan.
  7. Pada tanggal 24 dan 25 April 2020 telah dilakukan tes cepat ulang terhadap 18 orang untuk mendeteksi IgM dan IgG dan semuanya menunjukkan hasil IgM dan IgG yang REAKTIF. Beberapa kesimpulan yang dapat di asumsikan adalah :
    • 18 (delapan belas) orang tersebut masih berpotensi menularkan.
    • Telah terjadi penularan pada 2 (dua) orang kontak erat, yang meskipun belum ada hasil PCR dapat diasumsikan telah terjadi transmisi lokal sebagai kesimpulan sementara sambil menunggu hasil PCR. Perlu saya jelaskan bahwa dapat saja terjadi perubahan analisa keadaan jika hasil PCR sudah keluar.
    • 2 (dua) poin diatas terpaksa harus di asumsikan agar dapat segera di lakukan langkah antisipatif untuk melindungi tertularnya masyarakat dari COVID-19 yang lebih luas.
  8. Dengan demikian dihimbau kepada seluruh masyarakat luas agar TETAP melindungi
    dirinya dari penularan COVID-19 dengan cara :
  • Jaga Jarak minimal 1 meter dengan orang lain
  • Selalu menggunakan masker jika bersama orang lain
  • Meminimalkan memegang benda-benda yang tidak harus dipegang
  • Selalu mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir
  • Tidak keluar rumah kecuali untuk tujuan yang sangat penting
  • Bekerja,belajar dan beribadah dari rumah
  •  Diminta agar pihak Kecamatan sesuai poin 3 melaksanakan upaya mitigasi,deteksi dan respon yang lebih ketat. Bagi kecamatan lain agar tetap waspada sambil menunggu hasil berikutnya.
  1. Dengan adanya pembatasan penerbangan, maka dapat saja terjadi perlambatan ketersediaan logistik kesehatan COVID-19 secara bermakna, oleh karena itu jaga diri anda masing-masing agar tidak tertular.
  2. Yang diharapkan dari kita adalah PATUH pada anjuran seperti poin 8 untuk diri kita masing-masing, bukan men-stigma berlebihan terhadap sesuatu yang belum kita ketahui dengan pasti.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kutai Kartanegara
dr Martina Yulianti SpPD,FINASIM-MARS


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini21 pengunjung
Minggu Ini1.072 pengunjung
Bulan Ini4.202 pengunjung
Total Pengunjung68.686 pengunjung
Total Klik1.766.151 Kali