PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Akhmad Taufiq Paparkan Pentingnya Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa Profesional

Pemerintahan Kukar    1 tahun yang lalu   
Administrator    158 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa Profesional seharusnya dilaksanakan setiap tahun, namun karena adanya pandemi Covid-19 pada 2020 lalu tidak dilaksanakan, baru pada 2021 ini bisa dilaksanakan kembali. 

 

Hal ini diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufiq Hidayat usai membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa di Hotel Grand Elty Singgasana, Jumat (29/10). 

 

"Jadi pelatihan ini selain untuk meningkatkan kapasitasnya, juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta kemampuan mereka dalam rangka melaksanakan tugas sebagai pendamping di desa," ujarnya. 

 

Taufiq meminta semua peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para narasumber, sehingga dapat menjadi bekal dalam melaksanakan tugasnya. 

 

Ditambahkan nya tugas utama pendamping desa dalam rangka mengawal pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan Alokasi Dana Desa (ADD) yang digelontorkan baik oleh pusat maupun daerah agar pengelolaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporannya sesuai aturan yang berlaku. 

"Dan ini harus dikawal, itulah tugas prioritas pendamping desa," tambahnya.

 

Selain itu menurutnya pendamping desa juga harus dapat berperan dalam pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian desa dengan memaksimalkan fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

"Pendamping juga berperan didalam meningkatkan ekonomi desa, ada BUMDes, nah itu bagian tugas pendamping untuk bagaimana BUMDes ini bisa berkembang dan menjadi harapan bahwa BUMDes ini berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkasnya. 

 

Untuk diketahui pelatihan peningkatan kapasitas pendamping desa diikuti peserta sebanyak 40 orang pendamping desa dan akan dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 29 - 31 Oktober 2021. (Prokom01).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini143 pengunjung
Minggu Ini2.442 pengunjung
Bulan Ini9.933 pengunjung
Total Pengunjung252.041 pengunjung
Total Klik11.662.662 Kali