PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Anggota BPD Muara Kaman Ilir Dilantik, Asisten I Yakin Visi-Misi Desa Selaras Kukar Idaman

Pemerintahan Kukar    2 minggu yang lalu   
Administrator    854 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Sebanyak tujuh orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mulawarman Ilir Periode 2021-2027 Kecamatan Muara Kaman dilantik dan diambil Sumpah Jabatannya di Aula Kantor Kecamatan setempat, Selasa (12/10/2021) siang. 

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah itu, Bupati Kukar Edi Damansyah diwakilkan oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setkab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat. Saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar, Taufik menyebutkan Anggota BPD diharapkan menjadi salah satu motor penggerak dalam berbuat yang terbaik untuk kemajuan dan kemandirian Desa dengan bersama-sama mendukung visi-misi Kepala Desa. Menciptakan seluas-luasnya peluang bagi masyarakat desa untuk membuka kesempatan berusaha dan meningkatkan perekonomian agar cita-cita mensejahterakan masyarakat desa akan cepat terwujud. 

 

"Kami meyakini visi misi desa Muara Kaman Ilir selaras dengan visi misi Bupati - Wakil Bupati KUKAR IDAMAN periode 2021-2026, yakni Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berbahagia," harapnya. 

 

Pemkab Kukar secara umum telah memenuhi dan memfasilitasi pengalokasian Anggaran Dana Desa (ADD) minimal 10 persen dari APBD dan Bagian Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (BHPRD) bagi seluruh desa. Termasuk fasilitasi pengelolaan ADD dari APBN untuk kepentingan masyarakat Desa. 

 

Bahkan, lanjut bupati, dalam penerjemahan visi KUKAR IDAMAN akan dialokasikan dana bantuan khusus dengan program pembangunan berbasis RT bagi Desa dan Kelurahan. Disamping program lainnya yang juga mengarah ke desa maupun kelurahan.

 

Sekilas informasikan berkaitan dengan program pembangunan berbasis RT bagi Desa dan Kelurahan, bantuan akan diberikan dengan besaran nilai Rp50 juta per RT, yang akan dilaksanakan dalam bentuk program dan kegiatan, dan bukan dalam bentuk dana segar.

 

Penetapan program dan kegiatan akan ditentukan melalui forum musyawarah dengan memilih dan menyepakati jenis kegiatan, yang mana daftar jenis kegiatannya ditetapkan melalui Peraturan Bupati (Perbup) atau petunjuk pelaksana/ petunjuk teknis (Juklak/Juknis). 

 

"Saat ini regulasi berupa Perbup masih dalam proses penyusunan oleh Pemkab. Diharapkan akan dapat direalisasikan mulai tahun anggaran 2022 yang akan datang," pungkasnya. (prokom05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini216 pengunjung
Minggu Ini1.929 pengunjung
Bulan Ini6.399 pengunjung
Total Pengunjung110.282 pengunjung
Total Klik2.881.960 Kali